Senin, November 28

Personel Gabungan Siap Amankan Pelaksanaan Pilpet Serentak di Kabupaten Jepara

Pinterest LinkedIn Tumblr +

JEPARA, Gerbanginterview.com – Kapolres, Dandim 0719, dan Ketua DPRD Kabupaten Jepara memastikan kesiapan pasukan, untuk mengamankan jalannya Pemilihan Petinggi (Pilpet) Serentak Tahun 2022. Perhelatan demokrasi lokal itu akan dilaksanakan, pada 14 November lusa.

Pengecekan tersebut dilakukan dalam apel pergeseran pasukan pengamanan pilpet, di lapangan Alun-Alun Jepara 1, Sabtu (12/11/2022). Pasukan ini terdiri dari personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Bakesbangpol, dan linmas wilayah.

Lihat disini : Club Penggemar Vespa Dari Ampel Konvoi Ke Blora

Kapolres AKBP Warsono, didampingi Dandim 0719/Jepara Letkol Inf. Mokhamad Husnur Rofiq, dan Ketua DPRD Jepara Haizul Maarif, mengakui bahwa perhelatan pilpet masih memiliki potensi konflik. Pemicunya mulai dari masalah administrasi data pemilih, hingga netralitas penyelenggara.

Oleh karenanya, kerja sama seluruh elemen dalam menjaga kekondusifan pelaksanaan menjadi kunci keberhasilan. “Dengan prinsip keterbukaan, profesional, akuntabel dan saling menghormati kewenangan masing-masing institusi, pilpet dapat berjalan tertib dan aman,” ujar Kapolres.

Kepada seluruh pasukan, AKBP Warsono menginstruksikan agar selalu mengedepankan netralitas. Sekaligus berkomitmen dalam mengawal seluruh tahapan pilpet, sehingga situasi kamtibmas bisa tetap kondusif. ”Mari kita bulatkan tekad bersama memelihara dan mengawal Pilpet Tahun 2022 yang aman, damai dan sejuk,” tandasnya.

Lebih lanjut pihaknya berharap, perhelatan demokrasi lokal ini bisa terselenggara secara transparan, akuntabel, kredibel, dan partisipatif. Di samping itu, hasilnya pun dapat diterima oleh semua pihak, sehingga mampu menjamin hadirnya kemaslahatan bersama dalam masyarakat.

Rampung apel pergeseran pasukan pengamanan pilpet, dilanjutkan dengan kegiatan pemaparan sekaligus simulasi pergerakan. Latihan tersebut melalui sebuah maket yang diletakkan di lantai Pandopo Kartini Jepara.

Di sisi lain, Posko Pilpet Serentak Kabupaten Jepara yang berlokasi di selatan Pendopo Kartini, mencatat, pada ajang pemilihan lusa nanti bakal diikuti 63 calon petinggi dari 24 desa di sebelas kecamatan. Sementara untuk tempat pemungutan suara, disiapkan sebanyak 274.

Dikesempatan itu juga Dandim 0719/Jepara Letkol Inf M.Husnur Rofiq menyampaikan Masing-masing personil harus bertanggung jawab dan mrngetahui situasi serta kondisi yang ada.

“Bahwa Sinergitas TNI Polri sudah final, mari kita bekerja sama dalam mengamankan pelaksanaan Pilpet serentak diwilayah Kabupaten Jepara sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif,” ujar Dandim.(Denny P/GI)

Share.

About Author

Leave A Reply

id_IDIndonesian