Senin, November 28

Galian C di Desa Satriyan Tersono Batang Jawa Tengah Menuai protes dari berbagai pihak terkesan tidak tersentuh Hukum

Pinterest LinkedIn Tumblr +

BATANG,Gerbanginterview.com – Tambang ilegal galian C di kawasan Desa Satriyan Kabupaten Batang Jawa Tengah terus menuai protes dari berbagai pihak dan beroperasi tanpa ada penindakan hukum yang jelas, Tambang ilegal ini sempat berhenti sementara saat mencuatnya Kasus Sambo, (Sabtu 19/11/22).

Tambang galian C ilegal ini sudah berjalan bertahun tahun seakan tidak pernah tersentuh hukum, Keberadaan tambang ilegal ini sangst merugikan para petani, lebih dari itu salah satu dampaknya adalah pencemaran lingkungan

“Adanya Galian C tersebut, sebelum saya menjadi kepala Desa sini ( Satriyan ) saya tidak berbuat apa-apa dan Saya sudah pernah membuat aturan batas- batas yang tidak boleh di keduk”. Kata Kades Satriya (Rohmadi)

Baca juga : Penanaman Pohon Alpokat oleh FKWB KLEGO LESTARI di Waduk Bade Klego Boyolali

Di duga Bos Galian C Di Batang ini Kebal Hukum Bertahun -:Tahun menjalankan Aktivitas penambangan di Batang melenggang tanpa adanya penindakan, kalaupun ada kenyataan praktek penambangan berjalan terus.

Kades Desa Satriya (Rohmadi) sempat mengajak pihak Kepolisian untuk turun lokasi, dengan tujuan agar penambang ada rasa takut, tetapi apa yang terjadi penambangan tetap berjalan.

“Apapun yang terjadi saya selaku Kepala Desa minimal sudah melakukan upaya pencegahan, meskipun pihak warga belum bisa percaya,” Keluh Kades Desa Satriya.

Terkait dengan upaya pencegahan adanya galian C di Desa Satriya Batang bukan hal yang kali pertama, bahkan pihak Polda Jateng pernah melakukan penutupan galian C tersebut, tetapi tidak lama penambangan berjalan lagi. Jelas Kades Desa Satriya Grinsing Batang Jawa Tengah.

Di tempat yang berbeda salah satu warga yang enggan disebutkan namanya mengatakan, “Keberadaan galian C tersebut sudah berjalan sangat lama, terus terang warga sangat kecewa, penambangan yang liar seperti itu penegak hukum terkesan setengah setengah dalam menutup kegiatan tersebut, hanya semenjak adanya kasus Sambo penambangan tersebut sempat berhenti sementara.

Melihat aktifitas galian C di Batang Ketua Umum GAKI (Gerakan Anti Korupsi Independent) Didik SH, MH angkat bicara, menilai adanya pembiaran dari pemerintah daerah terhadap aktivitas tambang ilegal galian C di Kabupaten Batang.
Didik SH, MH juga mengungkapkan, pihak aparat Kepolisian seharusnya melihat dan menelusuri siapa saja aktor yang bermain di balik tambang tanpa izin.

Kata Didik, “GAKI, tidak hanya menyoroti aktifitas tambang yang tanpa izin melainkan juga menyoroti hasil tambang ilegal yang hasil tanahnya di jual dan diangkut tanpa memgantongi berbagai izin, dan parahnya dampak dari kerusakan lingkungan hidup dan ekosistem disekitarnya,” (red/Jiyono/GI)

Share.

About Author

Leave A Reply

id_IDIndonesian