Genap 42 Tahun Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Toreh Prestasi

Must Read
- Advertisement -
Genap 42 tahun Perumda Air Minum Tirta Kahuripan menemani untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di Kabupaten Bogor, yang dimana selalu mengedepankan kinerja dan kualitas pelayanan bagi para pelanggannya, (2/3/2023).

Peringatan HUT Perumda Air Minum Tirta Kahuripan kali ini, dilaksanakan di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dengan mengusung tema “42 Tahun Menginspirasi”.

Acara tersebut, diawali dengan upacara yang dihadiri oleh Direksi dan karyawan, kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, pengajian, serta simbolis pemberian santunan kepada anak yatim. Adapun pemberian santunan anak yatim tersebut, diberikan sebanyak 40 paket untuk Pondok Pesantren Al-Hamdaniyyah, dan Pondok Pesantren Roudhoh Alfatih, 150 paket untuk anak yatim yang tersebar di seluruh Instalasi Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, dan juga 10 paket untuk anak yatim pegawai.

“Momentum hari jadi ini, menjadi salah satu kesempatan bagi kita untuk melakukan refleksi dan introspeksi dalam rangka perbaikan, dan pengembangan perusahaan secara lebih. Dalam hal baik, serta juga berkelanjutan, yang dimana sebagai BUMD di Bidang air minum kita mampu untuk menyediakan akses air minum yang layak bagi masyarakat Kabupaten Bogor”, ujar Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, Yuliansyah Anwar pada Kamis, (02/03/2023).

Untuk diketahui, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan berhasil meraih penghargaan pada tahun 2022 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik se-Jawa Barat, serta BUMD Air Minum dengan kategori capaian terbaik dalam kinerja Keuangan, Operasional, dan Tata Kelola Perusahaan.

Selain itu, mempertahankan posisi 10 besar dalam penghargaan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sebagai BUMD Air Minum dengan kategori “Sehat”, serta juga tingkat kinerja sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 47 Tahun 1999, dengan nilai 72,50 atau termasuk dengan kategori “Baik”.

Yuliansyah Anwar pun menjelaskan bahwa, Perumda Air Minum Tirta akan terus memperhatikan kualitas serta pengawasan, guna keselamatan bagi para pegawai yang bekerja di area tersebut.

“Memperhatikan keselamatan dan kesehatan kepada para pegawai adalah point penting dalam bekerja, jangan sampai ada kejadian yang tidak diinginkan terhadap para pegawai, kami akan selalu awasi akan hal tersebut”, tegas Yuliansyah Anwar.

Dalam hal itu, ditunjukkanlah sebuah peraihan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat, dan Menteri Ketenagakerjaan RI atas keberhasilan penerapan P2K3 dengan kategori Platinum dan Zero Accident selama 5.044.232 jam kerja tanpa kecelakaan, yang dimana terhitung pada saat bulan Januari Tahun 2019, sampai dengan Bulan September Tahun 2022.

Hingga saat ini, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melayani 27 dari 40 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor, dengan cakupan wilayah teknis sebesar 30,28% dan jumlah pelanggan sebanyak 212.380 sambungan. Tentunya, pencapaian ini tidak lepas dari peran serta seluruh elemen perusahaan. Mulai dari Bupati dan Pemerintah Daerah, DPRD Kabupaten Bogor, Direksi, Dewan Pengawas, Karyawan, Pelanggan, dan elemen lainnya, yang dimana masing-masing memberikan kontribusi sesuai fungsi dan perannya.

Selain itu, guna mempermudah akses air bersih bagi masyarakat Kabupaten Bogor, dalam momentum ulang tahun ini, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan memberikan diskon biaya penyambungan baru air bersih sebesar 42%, diskon 50%, dan pemutihan biaya penyambungan kembali. Serta, beberapa program CSR berupa bantuan pembayaran rekening air pada bulan Februari tahun 2023, untuk kelompok pelanggan Rumah Sangat Sederhana, bantuan pembayaran rekening air untuk golongan tarif Rumah Ibadah, dan juga penyambungan baru gratis untuk Rumah Ibadah.

“Semoga di usia ke-42 tahun dalam melayani masyarakat di Kabupaten Bogor ini, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan, dan juga dapat menciptakan berbagai prestasi, agar dapat menginspirasi bagi banyak orang untuk terus berjuang serta memberikan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Bogor ini”, pungkasnya.

 

*Jurnalis Akbar*

BNPT, Penyerahan Simbolis Bantuan Dana Hibah APBD Kota Salatiga.

BNPT, Penyerahan Simbolis Bantuan Dana Hibah APBD Kota Salatiga. SALATIGA, Gerbanginterview - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Launching Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan...

Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian, Kapolres : Selamat kepada Kompol Giyarto

Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian, Kapolres : Selamat kepada Kompol Giyarto PEKALONGAN, gerbanginyerview – Bertempat di aula Polres Pekalongan, telah dilaksanakan upacara kenaikan pangkat pengabdian,...

Geruduk BBPJN Jatim-Bali, Projo Sampang Soroti 2 Titik Proyek Besar

SIDOARJO || gerbanginterview.com - Dewan Pimpinan Cabang Pro Jokowi Kabupaten Sampang meluruk kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN Jatim Bali) yang terletak di...

HBP ke-60, Rutan Kelas I Pondok Bambu Raih Dua Penghargaan

HBP ke-60, Rutan Kelas I Pondok Bambu Raih Dua Penghargaan Jakarta, Gerbanginterview - Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun 2024 membangkitkan semangat insan pemasyarakatan dalam...

DPD PAN Boyolali, Kembali Dukung Zulhas, Menjabat Ketum PAN Periode 2025 – 2030.

DPD PAN Boyolali, Kembali Dukung Zulhas, Menjabat Ketum PAN Periode 2025 - 2030. BOYOLALI, Gerbanginterview - Para kader dan pengurus Dewan Pimpanan Daerah Partai Amanat...
- Advertisement -spot_img
Latest News

BNPT, Penyerahan Simbolis Bantuan Dana Hibah APBD Kota Salatiga.

BNPT, Penyerahan Simbolis Bantuan Dana Hibah APBD Kota Salatiga. SALATIGA, Gerbanginterview - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Launching Wadah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This