Jelang Pilkades Serentak 2023, FKDM Klaten Gelar Rakor Detekti Kerawanan Dini

Must Read
- Advertisement -

Jelang Pilkades Serentak 2023, FKDM Klaten Gelar Rakor Detekti Kerawanan Dini

Gerbanginterview – Dalam rangka menjaga kondufitas pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Klaten tahun 2023, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Klaten menggelar rapat koordinasi lintas sektoral di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Jumat (19/5/2023). Kegiatan ini diikuti unsur Pemkab Klaten, Polri/TNI, kejaksaan, dan anggota FKDM tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa.

Kegiatan digelar dengan tujuan untuk memperkuat kesiapan FKDM di seluruh tingkatan dalam menjaga kondufitas pilkades melalui deteksi dini dan pencegahan dini potensi konflik.

Dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Jaka Purwanto, Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga kondufitas pada pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini. Pelaksanaan pilkades serentak gelombang I dijadwalkan pada Juli mendatang.

“Pemkab Klaten mengapresiasi diselenggarakannya acara ini, karena menjadi bagian dari upaya pencegahan segala potensi ancaman dan ganguan, dengan meningkatkan pendeteksian dini dan pencegahan dini. Adalah tugas kita, untuk menjaga dan memelihara ketenangan dan ketenteraman dalam masyarakat,” paparnya.

Bupati juga mengingatkan bahwa FKDM memiliki tugas menjalin, menampung, mengkoordinasikan, dan mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana alam. Tugas ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini. Selain itu, FKDM juga mempunyai tugas menyampaikan rekomendasi sebagai pertimbangan bagi pengambil kebijakan berkaitan dengan ketenteraman masyarakat.

Jelang pilkades serentak2023

“Banyaknya tugas yang diemban ini, FKDM memiliki peran strategis. Dengan demikian, diharapkan FKDM menempatkan diri sebagai wadah konsultasi yang efektif, khususnya terkait kewaspadaan masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut juga mendapatkan apresiasi dari Kapolres Klaten, AKBP Warsono yang hadir secara langsung. Menurutnya rapat koordinasi tersebut menjadi hal yang sangat penting dalam rangka mencegah potensi konflik yang timbul. Pasalnya, pilkades memiliki potensi besar menimbulkan eses di masyarakat dibandingkan pesta demokrasi lainnya.

“Hal ini terjadi karena calon kades yang ikut serta, bersinggungan langsung dengan masyarakat, baik pendukungnya maupun pendukung lawan politiknya. Dan mereka bersama-sama hidup dalam satu wilayah. Karena potensi inilah, perlu adanya deteksi dini agar konflik tidak muncul dan pilkades dapat dilaksanakan denga naman dan damai,” kata Kapolres.

Usai arahan dari Bupati dan Kapolres Klaten, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan koordinasi yang dipimpin Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Lap.Siswanto/krbt/red.GI/003)

HBP ke-60, Rutan Kelas I Pondok Bambu Raih Dua Penghargaan

HBP ke-60, Rutan Kelas I Pondok Bambu Raih Dua Penghargaan Jakarta, Gerbanginterview - Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun 2024 membangkitkan semangat insan pemasyarakatan dalam...

DPD PAN Boyolali, Kembali Dukung Zulhas, Menjabat Ketum PAN Periode 2025 – 2030.

DPD PAN Boyolali, Kembali Dukung Zulhas, Menjabat Ketum PAN Periode 2025 - 2030. BOYOLALI, Gerbanginterview - Para kader dan pengurus Dewan Pimpanan Daerah Partai Amanat...

NGUDO ROSO…

NGUDO ROSO... Salam pagi Salam Waras,....Ngudo roso,...Kalimat bahasa Jawa yang memiliki makna luas yakni, mencoba berdialog dengan diri sendiri secara blak - blakan, jujur dan...

Polri Bersama Damkar dan Warga Bersihkan Tumpahan Tanah Urug yang Tercecer di Jalan

Polri Bersama Damkar dan Warga Bersihkan Tumpahan Tanah Urug yang Tercecer di Jalan PEKALONGAN, gerbanginterview - Polri, dalam hal ini Polsek Kajen Bersama anggota Sat...

BARAT MENERAPKAN STANDAR GANDA ANTARA KASUS UKRAINA DAN GAZA

BARAT MENERAPKAN STANDAR GANDA ANTARA KASUS UKRAINA DAN GAZA Menghargai warga Ukraina lebih tinggi dibandingkan nyawa warga Gaza tidak dapat dipertahankan secara moral. Oleh Prabowo Subianto Jakarta,...
- Advertisement -spot_img
Latest News

HBP ke-60, Rutan Kelas I Pondok Bambu Raih Dua Penghargaan

HBP ke-60, Rutan Kelas I Pondok Bambu Raih Dua Penghargaan Jakarta, Gerbanginterview - Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun 2024...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This