Pagelaran Wayang Kulit Gempur Rokok Ilegal Meriahkan Hari Jadi Ke — 219 Klaten

Must Read
- Advertisement -

Pagelaran Wayang Kulit Gempur Rokok Ilegal Meriahkan Hari Jadi Ke — 219 Klaten

KLATEN, gerbanginterview.com — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten menggelar Pagelaran Wayang Kulit Gempur Rokok Ilegal di Alun-alun Klaten, Sabtu (29/7/2023) malam. Kegiatan ini digelar terbuka bagi masyarakat Klaten.

Tampil sebagai dalang, Ki Bayu Aji dengan lakon “Wahyu Purbo Sejati”. Masyarakat hadir memenuhi Alun-alun Klaten untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit tersebut.

Kepala Diskominfo Klaten, Amin Mustofa mengatakan kegiatan ini digelar sebagai media kampanye pencegahan peredaran rokok ilegal atau non-cukai di kalangan masyarakat Klaten. Adapun pagelaran wayang kulit ini diselenggarakan dengan memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) tahun 2023 yang dialokasikan Kementerian Keuangan melalui Diskominfo Kabupaten Klaten.

“Wayang dipilih karena dinilai sebagai media komunikasi yang efektif dan dapat menyampaikan pesan dengan baik kepada masyarakat. Sehingga diharapkan pesan dari kampanye gempur rokok ilegal dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat,” ungkapnya.

Pagelaran ini sekaligus menyemarakkan rangkaian Hari Jadi ke — 219 Kabupaten Klaten dan menyambut HUT ke — 78 Republik Indonesia. Lewat pagelaran wayang kulit ini, Amin berharap masyarakat dapat turut serta mengambil peran dalam pembangunan di Kabupaten Klaten seperti tema Hari Jadi Klaten tahun ini, Saiyeg Saeka Praya.

“Melalui pangelaran wayang kulit ini, kami berharap semangat Saiyeg Saeka Praya dapat menyebar ke seluruh lapisan masyarakat sehingga terjawantahkan lewat gerakan saling bergotongroyong dan bersatupadu membangun Kabupaten Klaten yang semakin maju, mandiri dan sejahtera,” katanya.

Tembang Klaten Bersinar menjadi pembuka pagelaran wayang kulit Gempur Rokok Ilegal. Kampanye gempur rokok ilegal disampaikan dalam sesi goro-goro dengan diselingi komedi sehingga pesan yang disampaikan terasa lebih ringan dan mudah dipahami.

Pagelaran

Dalam acara tersebut, turut diserahkan hadiah dan piala oleh Bupati Klaten kepada pemenang turnamen futsal, festival film pendek, dan lomba poster dalam rangka pencegahan peredaran rokok ilegal, serta penyerahan penghargaan kepada juara Klaten Fire Safety Challenge. Bupati juga menyerahkan bantuan dari Baznas Klaten kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengapresiasi penyelenggaraan pagelaran wayang kulit tersebut. Menurutnya pagelaran ini menjadi wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya sehingga Kabupaten Klaten dapat menapaki usia 219 di tahun ini.

“Kegiatan ini sekaligus bentuk pelestarian budaya di Kabupaten Klaten. Di mana, Kabupaten Klaten juga memiliki potensi daerah sebagai pusat seni pewayangan dan pedalangan,” paparnya.

Ia juga menyampaikan pentas seni dapat menjadi ajang sosialisasi program-program pemerintah lainnya, terutama pembangunan daerah.

“Lewat kegiatan ini, kami selaku Pemerintah Kabupaten Klaten mengajak seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan Kabupaten Klaten. Karena, dalam mewujudkan Klaten yang maju, mandiri, dan sejahtera, tidak dapat berjalan sendiri. Perlu adanya peran serta masyarakat,” katanya. (Lap Sis/GI.red.003)

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah.

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah. Gerbanginterview - Kalah dan menang itu rumus dalam satu pertandingan, dalam pemilu pun kalah dan menang terjadi, seharusnya...

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug Boyolali, Gerbanginterview - Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, dengan tulus...

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa – Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng.

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa - Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng. SEMARANG,Gerbanginterview – Polda...

Kapolres Boyolali Pimpin Pengecekan Pengamanan PSU di Desa Kadireso

Desa Kadireso Gelar PSU, Polres Boyolali Lakukan Pengecekan Keamanan Boyolali, Gerbanginterview - Dalam upaya untuk memastikan kelancaran Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara...

Kematian

Kematian .... kematian adalah takdir seluruh makhluk, manusia ataupun jin, hewan ataupun makhluk-makhluk lain, baik lelaki atau perempuan, tua ataupun muda, baik orang sehat ataupun...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah.

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah. Gerbanginterview - Kalah dan menang itu rumus dalam satu pertandingan, dalam pemilu pun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This