Pemkab Banyumas Launching Penerapan E- Retribusi di 22 Pasar Rakyat

Must Read
- Advertisement -

Pemkab Banyumas Launching Penerapan E- Retribusi di 22 Pasar Rakyat

Gerbanginterview – Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono melaunching e-retribusi di 22 Pasar Rakyat Banyumas pada Senin (18/9) di Halaman Depan Pasar Sokaraja.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya penindaklanjutan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Pasal 222 Kewajiban Pemerintah Daerah untuk menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik di bidang pengelolaan keuangan daerah. Melalui e-retribusi ini nantinya pedagang tidak perlu lagi memberikan uang tunai kepada petugas penarik retribusi, tetapi cukup menempelkan kartu E-Retribusi.

Kepala Dinas Dinperindag Titik Pujiastuti dalam laporannya menjelaskan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas mengelola pasar rakyat sejumlah 26 dan 4 diantaranya sudah menerapkan pembayaran retribusi secara elektronik/e-retribusi antara lain Pasar Rakyat Manis, Larangan, Cikebrok, dan Purwanegara.

“Dan untuk 22 pasar lainnya akan dilakukan secara bertahap dengan terget selesai akhir tahun 2023. Untuk tahap awal terdapat 3 pasar rakyat yaitu Sokaraja sejumlah 533 pedagang, Pon sejumlah 177 dan Proliman sejumlah 105 pedagang,” ucapnya.

Ia juga menuturkan target awal pendapatan retribusi pelayanan pasar tahun 2023 sebesar Rp. 5.300.000.000 dengan realisasi sampai dengan bulan Agustus 2023 sebesar Rp. 4.688.823.597.

“Sehingga untuk target perubahan tahun 2023 kami mengusulkan kenaikan sebesar Rp. 6.000.000.000 dari target awal Rp. 5.300.000.000,”tuturnya.

Pemkab

Bupati Banyumas Achmad Husein dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono menuturkan dengan adanya e-retribusi ini maka akan ada optimalisasi dalam pemungutan retribusi dikarenakan pedagangan tidak perlu menyiapkan uang tunai untuk membayar kepada petugas.

“Pedagang cukup scan barcode dan secara otomatis akan terbayarkan sesuai dengan nominal yang telah ditentukan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula Sadewo langsung menjajal e-retribusi dan pembayaran jual beli melalui qris di Pasar Sokaraja. “Memang sangat mudah ya. Praktis. Memudahkan pedagang,” ucapnya (Lap.Yayuk/GI.red.003)

JPU Tuntut Terdakwa Rudy Derwawan Muliadi 8 Bulan Penjara Dengan Perintah Ditahan

JPU Tuntut Terdakwa Rudy Derwawan Muliadi 8 Bulan Penjara Dengan Perintah Ditahan JAKARTA,Gerbanginterview - Sidang lanjutan perkara pencemaran nama baik yang dilakukan terdakwa Rudy Dermawan...

Satlantas Polres Pekalongan dan Tim Gabungan Gelar Pemeriksaan Laik Jalan Angkutan Wisata

Satlantas Polres Pekalongan dan Tim Gabungan Gelar Pemeriksaan Laik Jalan Angkutan Wisata PEKALONGAN, gerbanginterview - Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Joko Supriyanto, S.H., hari ini,...

Polemik Study Tour Bagi Siswa Sekolah.

Polemik Study Tour Bagi Siswa Sekolah. PEKALONGAN, gerbanginterview - Polemik pelaksaan study tour yang dilakukan di beberapa sekolah baik tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK...

APTIKNAS Kembali Ikut Sukseskan Taiwan Expo 2024 di JCC

APTIKNAS Kembali Ikut Sukseskan Taiwan Expo 2024 di JCC JAKARTA, gerbanginterview - Event akbar Taiwan Expo 2024 kembali digelar oleh Taiwan International Trade Administration (TITA)...

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Adakan Pendidikan Politik

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Adakan Pendidikan Politik. Pekalonnga, gerbanginterview - Dalam rangka pendidikan politik dan penguatan demokrasi guna keberlanjutan pesta demokrasi tahun 2024 Wakil...
- Advertisement -spot_img
Latest News

JPU Tuntut Terdakwa Rudy Derwawan Muliadi 8 Bulan Penjara Dengan Perintah Ditahan

JPU Tuntut Terdakwa Rudy Derwawan Muliadi 8 Bulan Penjara Dengan Perintah Ditahan JAKARTA,Gerbanginterview - Sidang lanjutan perkara pencemaran nama baik...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This