Faktor ekonomi menjadi salah 1(satu) problem kehidupan komunitas dhuafa binaan PSDK UMP

Must Read
- Advertisement -

Faktor ekonomi menjadi salah 1(satu) problem kehidupan komunitas dhuafa binaan PSDK UMP (Pusat Studi Dakwah Komunitas Universitas Muhamadiyah Purwokerto)

Gerbanginterview – Pusat Studi Dakwah Komunitas Universitas Muhamadiyah Purwokerto ( PSDK UMP) yang di pimpin Bayu Kurniawan meluncurkan program pemberdayaan ekonomi dan sekaligus membuat trobosan baru untuk alih profesi bagi warga binaannya.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Pusat Studi Dakwah Komunitas Universitas Muhamadiyah Pureokerto (PSDK UMP) Bayu Kurniawan baru baru ini.

Bayu mengatakan “Dari jumlah 3750 KK yang menjadi warga binaan mayoritas mengalami kesulitan ekonomi dalam mencari modal usaha yang sulit, terjerat hutang dan lainnya.” Jelasnya.

Masih kata Bayu, “Untuk itu kami meluncurkan program pemberdayaan ekonomi sekaligus kesiapan alih profesi bagi komunitas yang tadinya berlatar belakang Pengemis, Pengamen, maaf PSK dan Waria, akan kami alihkan untuk ke bidang usaha yang lain dan lebih bermartabat,” Kata Bayu.

Faktor

Lebih lanjut dalam penjelasan terkai program program PSDK UMP diantaranya mengadakan Grobag Angkringan dengan berkolaborasi dengan Baznas dan hamba – hamba Allah yang punya peduli.

Selain itu PSDK UMP juga memfasilitasi Becak, Penambahan modal usaha dan pengambil alihan hutang pada rentenir yang sangat mencekik bunganya.

PSDK UMP juga mendirikan Koperasi Syariah dan aneka pelatihan seperti Menjahit, Budidaya lele, Online market, pembuatan telor asin, susu kedelai bertani jamur, pembuatan kesed dan perca.

Masih banyak program program dari PSDK UMP untuk menyerap para kaum duafa untuk Pelatihan tenaga home care, tenaga salon kecantikan, pijat refleksi, teknisi HP, bengkel motor dan tambal ban juga dilatihkan.

PSDK UMP juga menyasar pasangan kumpul kebo yang sudah tinggal seatap tapi belum menikah untuk dinikahkan secara negara. Pembuatan akte, KK dan KTP dibantu pula. Pendampingan dan konsultasi hukum baik perdata maupun pidana untuk komunitas dhuafa dilakukan pula oleh tim Advokasi PSDK UMP. (Yayu/GI).

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan JAKARTA, Gerbanginterview - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang terdiri dari Toni Irfan, SH bersama...

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan.

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan. Pekalongan, gerbanginterview - Tindakan intimidasi terhadap wartawan yang tengah menjalankan profesinya sebagai jurnalis dalam mencari,...

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL Gerbanginterview - Pertama kali Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di gulirkan oleh pemerintah...

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata “The Honduras”

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata "The Honduras" Klaten, Gerbanginterbiew - Guna meningkatkan PAD Desa Ponggok, Pemdes Ponggok,Kec. Polanharjo- Klaten, menambah satu lagi...

TANDA KUTIP…!!!!

TANDA KUTIP...!!!! Gerbanginterview - Mungkin pembaca bertanya tanya judul kok "Tanda Kutip",...sebelum kita bahas, Mari kita salam pagi dulu, salam waras, jangan lupa ngeteh, ngopi...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan JAKARTA, Gerbanginterview - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang terdiri...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This