Faktor ekonomi menjadi salah 1(satu) problem kehidupan komunitas dhuafa binaan PSDK UMP

Must Read
- Advertisement -

Faktor ekonomi menjadi salah 1(satu) problem kehidupan komunitas dhuafa binaan PSDK UMP (Pusat Studi Dakwah Komunitas Universitas Muhamadiyah Purwokerto)

Gerbanginterview – Pusat Studi Dakwah Komunitas Universitas Muhamadiyah Purwokerto ( PSDK UMP) yang di pimpin Bayu Kurniawan meluncurkan program pemberdayaan ekonomi dan sekaligus membuat trobosan baru untuk alih profesi bagi warga binaannya.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Pusat Studi Dakwah Komunitas Universitas Muhamadiyah Pureokerto (PSDK UMP) Bayu Kurniawan baru baru ini.

Bayu mengatakan “Dari jumlah 3750 KK yang menjadi warga binaan mayoritas mengalami kesulitan ekonomi dalam mencari modal usaha yang sulit, terjerat hutang dan lainnya.” Jelasnya.

Masih kata Bayu, “Untuk itu kami meluncurkan program pemberdayaan ekonomi sekaligus kesiapan alih profesi bagi komunitas yang tadinya berlatar belakang Pengemis, Pengamen, maaf PSK dan Waria, akan kami alihkan untuk ke bidang usaha yang lain dan lebih bermartabat,” Kata Bayu.

Faktor

Lebih lanjut dalam penjelasan terkai program program PSDK UMP diantaranya mengadakan Grobag Angkringan dengan berkolaborasi dengan Baznas dan hamba – hamba Allah yang punya peduli.

Selain itu PSDK UMP juga memfasilitasi Becak, Penambahan modal usaha dan pengambil alihan hutang pada rentenir yang sangat mencekik bunganya.

PSDK UMP juga mendirikan Koperasi Syariah dan aneka pelatihan seperti Menjahit, Budidaya lele, Online market, pembuatan telor asin, susu kedelai bertani jamur, pembuatan kesed dan perca.

Masih banyak program program dari PSDK UMP untuk menyerap para kaum duafa untuk Pelatihan tenaga home care, tenaga salon kecantikan, pijat refleksi, teknisi HP, bengkel motor dan tambal ban juga dilatihkan.

PSDK UMP juga menyasar pasangan kumpul kebo yang sudah tinggal seatap tapi belum menikah untuk dinikahkan secara negara. Pembuatan akte, KK dan KTP dibantu pula. Pendampingan dan konsultasi hukum baik perdata maupun pidana untuk komunitas dhuafa dilakukan pula oleh tim Advokasi PSDK UMP. (Yayu/GI).

KISAH PERJUANGAN MARDJUNGAH MELAWAN MAFIA TANAH

KISAH PERJUANGAN MARDJUNGAH MELAWAN MAFIA TANAH BOYOLALI, Gerbanginterview - Seorang perempuan paruh baya bernama Mardjungah (60) Sebelum transmigrasi pada tahun 1990 an, ia juga menjadi...

Waspadalah,..!!! Jual beli tanah bawah tangan potensi terjadi masalah.

Waspadalah,..!!! Jual beli tanah bawah tangan potensi terjadi masalah. Gerbanginterview - Jual beli tanah di bawah tangan bukan berarti tidak ada resikonya, orang biasanya senang...

Bun Wid Divonis 8 Bulan Kerna Tidak Terbukti Jadi Otak Penembakan di Sampang

  SAMPANG, gerbanginterview.com - Hakim Pengadilan Negeri Sampang membacakan vonis bahwa Moch Wijdan dijatuhi hukuman delapan bulan, Karna Kades Ketapang Daya tidak terbukti sebagai otak...

Sedumuk Bathuk Senyari Bumi…!!!

Sedumuk Bathuk Senyari Bumi...!!! Gerbanginterview - Sedumuk Bathuk Senyari Bumi Dibelani Tekaning Pati, Satu peribahasa jawa yang sangat menyentuh hati dan mengandung makna kurang lebihnya...

Membangun Generasi Tertib dan Disiplin, Kapolres Boyolali Pimpin Apel

Membangun Generasi Tertib dan Disiplin, Kapolres Boyolali Pimpin Apel Boyolali - Semangat pagi yang cerah menyelimuti Halaman Apel Mapolres Boyolali saat Kapolres Boyolali, AKBP Muhammad...
- Advertisement -spot_img
Latest News

KISAH PERJUANGAN MARDJUNGAH MELAWAN MAFIA TANAH

KISAH PERJUANGAN MARDJUNGAH MELAWAN MAFIA TANAH BOYOLALI, Gerbanginterview - Seorang perempuan paruh baya bernama Mardjungah (60) Sebelum transmigrasi pada tahun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This