Tim Gabungan Lakukan Monitoring PMK di Pasar Hewan Grabag

Must Read
- Advertisement -

MAGELANG – GerbangInterview.com

Mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan terutama Sapi menjadi perhatian banyak pihak akhir-akhir ini.

PMK sendiri termasuk penyakit hewan menular yang bersifat akut, disebabkan oleh virus.

IMG 20220515 WA0060

” Penyakit ini dapat menyebar secara cepat mengikuti ternak yang terinfeksi,” kata drh. Deni Ferdian saat bersama dengan Polsek Grabag melakukan monitoring di Pasar Hewan Grabag, Minggu 15/05/2022 siang.

” Apabila ditemukakan hewan yang terjangkit PMK agar segera melaporkan ke  Dinas Peternakan Kabupaten Magelang untuk segera dilakukan karantina,” pesan Deni.

Dalam kegiatan monitoring PMK tersebut tidak ditemukan hewan yang terjangkit PMK. Namun demikian drh. Deni meminta masyarakat tetap waspada dan segera melaporkan jika terdapat hewan ternak dengan gejala mengarak kepada PMK. 

IMG 20220515 WA0058

” Gejalanya seperti air liur berlebih dan berbusa serta demam hingga 41 derajat Celcius. Itu salah satu gejala yang perlu diantisipasi,” lanjutnya.

Sementara, Kapolres Magelang melalui Kasihumas Polres Magelang Akp Abdul Muthohir  menyampaikan bahwa Polres Magelang sejak awal telah melakukan koordinasi dengan Dinas Peterikan Kab. Magelang  untuk bersama- sama melakukan kegiatan monitoring PMK di beberapa pasar Hewan yang ada di wilayah Kab. Magelang.

“Kami ikut pantau langsung terhadap hewan  yang di bawa dari peternak sewaktu turun dari Kendaraan yang mengangkutnya,” katanya.

Lebih lanjut Muthohir menyebutkan Polres Magelang melalui Bhabinkamtibmas di jajaran Polsek terus aktif berkoordinasi dengan Kepala Desa dan pihak terkait guna memantau dan sosialisasi kasus PMK hewan Ruminansia sehingga para peternak dapat mencegah sedini mungkin ternaknya aman dan sehat.

“Sosialisasi dilakukan melalui sambang Bhabinkamtibmas door.to door ke peternak yang ada di desa binaanya,” tuturnya.

Polres Magelang menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang dengan adanya kasus PMK hewan ternak.

“Kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak apabila ada gejala dan tanda-tanda PMK agar segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas setempat dan Dinas Peterikan Kab. Magelang,” pungkasnya.

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah.

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah. Gerbanginterview - Kalah dan menang itu rumus dalam satu pertandingan, dalam pemilu pun kalah dan menang terjadi, seharusnya...

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug Boyolali, Gerbanginterview - Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, dengan tulus...

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa – Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng.

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa - Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng. SEMARANG,Gerbanginterview – Polda...

Kapolres Boyolali Pimpin Pengecekan Pengamanan PSU di Desa Kadireso

Desa Kadireso Gelar PSU, Polres Boyolali Lakukan Pengecekan Keamanan Boyolali, Gerbanginterview - Dalam upaya untuk memastikan kelancaran Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara...

Kematian

Kematian .... kematian adalah takdir seluruh makhluk, manusia ataupun jin, hewan ataupun makhluk-makhluk lain, baik lelaki atau perempuan, tua ataupun muda, baik orang sehat ataupun...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah.

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah. Gerbanginterview - Kalah dan menang itu rumus dalam satu pertandingan, dalam pemilu pun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This