Sriyanto Ahmad Ketua SPRI Jateng :Ayo jadi Wartawan Kompenten,

Must Read
- Advertisement -

PEKALONGAN, Gerbanginterview.comAfzan Arslan Djunaid,S.E, Walikota Pekalongan, dalam sambutannya di acara Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) di ruang Buketan Setda Pemkot Pekalongan,  yang digelar oleh Diskominfo Pekalongan, Kamis (23/2/2023).

Afzan dalam sambutannya menghimbau, “Wartawan harus  aware (menyadari) dalam membuat berita terlebih dalam memilih konteks judul, jangan sampai menggiring opini negatif dari masyarakat,” Himbau nya.

Lanjut kata Walikota Afzan, “Saat ini semua orang bisa jadi wartawan, tapi saya tekankan harus memberikan informasi dengan baik, gamblang, tidak boleh menyudutkan pihak tertentu dengan cara konfirmasi dulu sehingga berita tersebut punya latar belakang yang kuat,” kata Afzan didepan para insan pers yang hadir dalam sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) di ruang Buketan Setda Pemkot Pekalongan.

“Saat ini wartawan dituntut cepat dalam memberitakan, namun berita yang dihasilkan harus kompeten.
Melalui kegiatan ini bisa menjadi wadah merefresh ilmu dan pencerahan untuk bekerja ke depan,” Kata Afzan.

Afzan berharap, Teman teman wartawan dapat lebih baik lagi dengan mematuhi etika maupun peraturan UU yang berlaku, Pemkot Pekalongan sudah memberi kesempatan untuk hadir di kegiatan ini, tetapi diharapkan saling ada pengertian atau sinkronisasi, jalin kerja sama yang baik dengan pihak terkait,” tutup Afzan.

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan, Arif Karyadi mengatakan sosialisasi yang berkaitan dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini diharapkan dapat mendorong wartawan bisa mendapat sertifikasi yang menjadi legal formal.

“Kalau sudah tersertifikasi, maka mereka sudah dinilai bekerja secara profesional,” ucapnya.

Sriyanto Ahmad,S.Pd.M.H ( Med) selaku Koordinator LSP Pers Indonesia Perwakilan Jateng sekaligus Ketua SPRI Jateng,
Salah satu narasumber dalam sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) menjelaskan dalam menyajikan informasi, wartawan haruslah cerdas memahami perbedaan data dan opini, “Memang saat ini sering muncul wartawan yang belum punya skill atau info bagaimana bertugas dengan benar, tetapi sebagai wartawan yang sudah tersertifikasi, ayo kita bimbing mereka untuk jadi profesional yang punya kompetensi, tentunya wartarawan dianjurkan mengikuti SKW agar menjadi Wartawan yang kompeten yang bersertifikat dimana hal ini untuk membangkitkan nama baik pers,” Kata Sriyanto yang juga menjabat Pimpinan Redaksi Media Gerbanginterview.com.

Selanjutnya dikatakan nasumber, Amir Machmud NS ,SH.MH selaku Ketua PWI Jateng menyampaikan ketika seorang wartawan memperlihatkan produk atau karya jurnalistik berbobot dan akurat, maka akan diakui dan mumpuni di bidang tersebut oleh publik, “Reputasi wartawan akan lahir dari 3 hal yaitu profesionalitas, kemartabatan, eksistensi.

“Martabat diraih dengan profesionalitas, harus kita bangun wartawan yang cerdas agar media ini jadi waras dan reputasi tidak bisa diukur dari lingkungan terdekat dengan kita, yang menilai adalah publik, bukan penilaian kelompok,” Kata Amir Mahmud.

Pada kesempatan sama Ketua Sekber IPJT Pekalongan Raya, Ali Rosidin selaku penggagas kegiatan sosialisasi SKW mengatakan, “Tujuan dari kegiatan ini dalam rangka meningkatkan SDM dan kinerja wartawan agar dapat bekerja secara profesional dan berintegritas.” pungkasnya.(red.GI)

Polemik Study Tour Bagi Siswa Sekolah.

Polemik Study Tour Bagi Siswa Sekolah. PEKALONGAN, gerbanginterview - Polemik pelaksaan study tour yang dilakukan di beberapa sekolah baik tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK...

APTIKNAS Kembali Ikut Sukseskan Taiwan Expo 2024 di JCC

APTIKNAS Kembali Ikut Sukseskan Taiwan Expo 2024 di JCC JAKARTA, gerbanginterview - Event akbar Taiwan Expo 2024 kembali digelar oleh Taiwan International Trade Administration (TITA)...

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Adakan Pendidikan Politik

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Adakan Pendidikan Politik. Pekalonnga, gerbanginterview - Dalam rangka pendidikan politik dan penguatan demokrasi guna keberlanjutan pesta demokrasi tahun 2024 Wakil...

Pendampingan dan Monitoring kegiatan Foging, Dusun kaligandu Ds. Klero, Kec. Tengaran

Pendampingan dan Monitoring kegiatan Foging, Dusun kaligandu Ds. Klero, Kec. Tengaran Ungaran, Gerbanginterview - Sebagai bentuk kewaspadaan terhadap munculnya penyakit Demam Berdarah Dengue Koramil Tengaran...

Ketum ASPEPARINDO Perjuangkan Nasib 14 Ribu Jukir Minimarket Jakarta

Ketum ASPEPARINDO Perjuangkan Nasib 14 Ribu Jukir Minimarket Jakarta Jakarta, gerbanginterview - Sekitar 14 ribu juru parkir minimarket se DKI Jakarta  terancam kehilangan mata pencahariannya...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Polemik Study Tour Bagi Siswa Sekolah.

Polemik Study Tour Bagi Siswa Sekolah. PEKALONGAN, gerbanginterview - Polemik pelaksaan study tour yang dilakukan di beberapa sekolah baik tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This