Idul Fitri 1444 Hijriah 2023, tanamkan Sikap Baik Sangka, awal kemenangan Hati.

Must Read
- Advertisement -

Boyolali, Gerbanginterview.comIdul Fitri menjadi moment yang indah bagi setiap orang muslim, dimana sebulan menjalani puasa, yang di akhiri dengan malam takbiran paginya sholat Idul fitri, selanjutnya di meriahkan dengan suka cita saling bermaaf maafan.

Moment maaf maafan tak lepas dari kata baik Sangka dan buruk sangka, dan setiap orang pastinya ingin terlepas dari sikap buruk sangka, maka di Idul Fitri inilah kita bisa belajar untuk berbaik sangka.

Berbaik sangka, itu adalah ketika kita meyakini bahwa tidak adanya kejahatan dalam setiap perbuatan dan perkataan orang lain. Walaupun pada kenyataannya orang lain memiliki maksud jahat, maka kita harus tetap berbaik sangka bahwa orang lain itu baik kepada kita, tidak bermaksud jahat kepada kita.

Perbuatan berbaik sangka atau huznudzon ke semua orang itu merupakan sikap yang sangat baik dan terpuji. Jika kita bisa melakukan, perbuatan ini akan selalu membuat kita berpikiran positif kepada orang lain, sehingga tidak akan memandangnya dengan prasangka buruk ataupun negatif.

Berprasangka baik terhadap diri sendiripun juga harus diterapkan, Misalnya dengan cara percaya pada kemampuan diri sendiri, gigih dalam mempertahankan pendapat, pantang menyerah, sabar, serta mempunyai inisiatif yang tinggi. Dengan sikap-sikap inilah, dalam diri kita akan tercipta sebuah karakter pribadi yang positif.

Karena awal dari sebuah kemenangan hati adalah kita harus tanamkan sikap baik sangka.

Idul Fitri tanamkan sikap baik sangka

Jika dalam benak hati kita masih terselimuti sifat Buruk sangka itu hanya akan membuat hati kita penuh dengan kegelisahan akan sesuatu hal yang belum tentu kebenarannya.

Kutipan Sabda Rasulullah Saw.
“Waspadalah terhadap prasangka karena sesungguhnya prasangka adalah ucapan (hati) paling dusta.”
(HR. Bukhari & Muslim)

Mengacu dari kutipan sabda
Rasulullah SAW, Semoga kelapangan hati kita memaafkan semua yang pernah menyakiti kita, moment Idul Fitri ini menjadi jalan untuk menggapai ridho Allah SWT. Kita meminta maaf dan memberikan maaf, kita iklas saling memberi maaf.

Kita Memaafkan itu tak seberat memindahkan samudera. Semoga dengan memilih memaafkan ketimbang membalas menyakiti atau memendam dendam, memudahkan diri untuk mendapatkan pengampunan dari Allah SWT atas segala dosa-dosa diri selama ini (Redaksi/GI)

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug Boyolali, Gerbanginterview - Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, dengan tulus...

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa – Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng.

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa - Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng. SEMARANG,Gerbanginterview – Polda...

Kapolres Boyolali Pimpin Pengecekan Pengamanan PSU di Desa Kadireso

Desa Kadireso Gelar PSU, Polres Boyolali Lakukan Pengecekan Keamanan Boyolali, Gerbanginterview - Dalam upaya untuk memastikan kelancaran Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara...

Kematian

Kematian .... kematian adalah takdir seluruh makhluk, manusia ataupun jin, hewan ataupun makhluk-makhluk lain, baik lelaki atau perempuan, tua ataupun muda, baik orang sehat ataupun...

Kepolisian Sektor Cepogo Tanggap Cepat Terhadap Kejadian Tanah Longsor

Kepolisian Sektor Cepogo Tanggap Cepat Terhadap Kejadian Tanah Longsor Boyolali, Gerbanginterview - Kepolisian Sektor Cepogo memberikan respon cepat terhadap kejadian tanah longsor yang menghalangi akses...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug Boyolali, Gerbanginterview - Kapolres Boyolali, AKBP...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This