MGMP PAI SMP Jateng Selama 2 hari Gelar Rakerprov dan Workshop Nasional Penyusunan Artikel Ilmiah

Must Read
- Advertisement -

MGMP PAI SMP Jateng Gelar Rakerprov dan Workshop Nasional Penyusunan Artikel Ilmiah

Gerbanginterview – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) dan Workshop nasional penyusunan artikel ilmiah di Villa Gayatri dan Komplek Villa Meteor Garden Obyek Wisata Sekipan, Kabupaten Karanganyar yang diadakan selama dua hari, Sabtu – Minggu, 13-14 Mei 2023.

Rakerprov MGMP PAI SMP se Provinsi Jateng dan workshop  nasional penyusunan artikel ilmiah dibuka langsung oleh Kasubdit PAI SMP, SMPLB Kemenag RI, Drs Agus Sholeh, MEd.

Demikian disampaikan Ketua MGMP PAI SMP Provinsi Jateng, Syaekhudin, SAg, MPd I bersama Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Klaten,  Eko Siswanto, SAg, Sekretaris MGMP PAI SMP Kabupaten Klaten, Musleyanto, SAg dan Bendahara MGMP PAI SMP Kabupaten Klaten, Drs H Aris Isdiyanto, MPd I dalam siaran pers yang diterima, Senin, 15 Mei 2023.

Ketua MGMP PAI SMP Provinsi Jateng, Syaekhudin menjelaskan, saat ini di Indonesia terdapat 45 jurnal ilmiah yang telah terdaftar pada Kementerian Agama RI dan workshop nasional penulisan artikel ilmiah ini difasilitasi oleh nara sumber dari Tim Penilai Angka Kredit Nasional.

Kemudian agar workshop nasional penulisan artikel ilmiah ke depan agar dapat disuport oleh masing-masing Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Syaekhudin mengatakan, workshop karya ilmiah merupakan momentun yang sangat penting dalam memperkaya diri dalam menyusun sebuah buku dalam satu tema.

Maka dari itu setelah penyelenggaraan workshop karya ilmiah ini, diharapkan ada tindaklanjut secara terbimbing dan berkelanjutan, sehingga semua guru PAI di Jawa Tengah dapat membuat karya ilmiah dengan baik.

Gelar GMMP

“MGMP PAI SMP hendaknya dapat menginspirasi guru PAI di Jawa Tengah dalam menyusun karya ilmiah sebagai bukti keprofesionalan seorang guru.

Setiap Guru PAI sudah memiliki karya ilmiah dijenjang S1, S2, S3, kemudian agar mengembangkan karyanya melalui pendampingan dan pendekatan dari MGMP,” ujarnya.

Untuk itu Syaekhudin mengingatkan, kepada peserta Rakerprov dan Workshop Karya Ilmiah MGMP PAI SMP Jateng bahwa menulis perlu adanya latihan dan pembiasaan secara terus-menerus dengan tidak pernah putus asa. Maka dari itu dalam pelaksanaan workshop karya ilmiah, peserta selalu dibuat menjadi happy, MGMP juga selalu menyapa peserta dan mendampingi sampai karya ilmiah selesai dan diterbitkan pada Jurnal Ilmiah.

“Tulis yang Anda rencanakan dan publikasikan yang Anda tulis melalui website atau media sosial (medsos) yang dimiliki MGMP. Mungkin tidak setiap MGMP punya berita baik setiap bulan sebagai contoh mini riset, maka apa yang Anda rencanakan dan yang Anda pikirkan bisa menjadi ide riset karya ilmiah yang berkualitas,” tuturnya.

Program Kerja Sementara itu Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Klaten,  Eko Siswanto, SAg menyampaikan, untuk materi Rakerprov MGMP PAI SMP Jateng antara lain membahas pengadaan seragam MGMP PAI SMP Se Jawa Tengah.

Kemudian penyampian penjelasan dan finalisasi petunjuk teknis (juknis) Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (Mapsi) SMP 2023 dan penjelasan teknis Lomba Mapsi SMP Tingkat Jateng yang akan diadakan di Kabupaten Jepara oleh MGMP PAI SMP Kabupaten Jepara.

“Pada Rakerprov MGMP PAI SMP Jateng juga disampaikan paparan program kerja (proker) perbidang kegiatan MGMP Provinsi masing-masing Bidang Paedagogik, Bidang Profesional, Bidang Kepribadian, Bidang Sosial, Bidang Spiritual dan Bidang Leadership.

Alhamdulillah pelaksanaan Rakerprov dan workshop karya ilmiah MGMP PAI SMP Jateng berjalan lancar. Untuk memeriahkan acara para peserta juga mengikuti outbound di  Obyek Wisata Sekipan dengan lokasi yang sejuk, dingin dan menyegarkan,” kata Eko Siswanto, SAg yang juga sebagai guru PAI di SMPN 1 Kecamatan Gantiwarno.

Rakerprov dan workshop karya ilmiah MGMP PAI SMP Jateng juga dihadiri Kasubag TU Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karanganyar, Kepala Dinas  Pendidikan Kabupaten Karanganyar, Pengurus MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah 53 orang, Pengurus MGMP PAI SMP Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah 78 orang. Kemudian bertindak panitia sekaligus selaku tuan rumah yakni Ketua MGMP PAI SMP se Solo Raya masing-masing dari Ketua MGMP PAI SMP Kota Solo, Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Karanganyar, Ketua MGMP PAI SMP Sragen, Ketua MGMP PAI SMP Klaten, Ketua MGMP PAI SMP Boyolali, Ketua MGMP PAI SMP Wonogiri dan Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Sukoharjo. (Lap.ktbr/Siswanto/GI/003)

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap PEKALONGAN, gerbanginterview – Toko kelontong di wilayah Karangdadap menjadi sasaran operasi...

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan JAKARTA, Gerbanginterview - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang terdiri dari Toni Irfan, SH bersama...

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan.

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan. Pekalongan, gerbanginterview - Tindakan intimidasi terhadap wartawan yang tengah menjalankan profesinya sebagai jurnalis dalam mencari,...

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL Gerbanginterview - Pertama kali Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di gulirkan oleh pemerintah...

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata “The Honduras”

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata "The Honduras" Klaten, Gerbanginterbiew - Guna meningkatkan PAD Desa Ponggok, Pemdes Ponggok,Kec. Polanharjo- Klaten, menambah satu lagi...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap PEKALONGAN, gerbanginterview – Toko kelontong di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This