7 (tujuh) keutamaan dan Keistimewaan hari Jum’at yang Harus diketahui Orang Islam

Must Read
- Advertisement -

7 (tujuh) keutamaan dan Keistimewaan hari Jum’at yang Harus diketahui Orang Islam

Gerbanginterview – Sabar adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh,
Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.

Dalam ajaran agama Islam, orang yang sabar adalah orang yang memiliki Akhlakul Karimah atau akhlak yang baik.

Akhlak yang baik akan lebih baik jika mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari, dan salah satu hari yang baik dan istimewa untuk mengimplementasikan kebaikan adalah di hari Jum’at yang penuh dengan berkah dan barokah.

Memang Sabar itu indah Meski mudah di katakan, terkadang kata sabar memang nggak mudah untuk dipraktikkan. Hanya orang-orang berjiwa besar yang mampu menerapkan sikap sabar ini di kehidupan sehari-hari, maka di hari Jum’at lah tempat kita mengejar pundi pundi pengampunan.

Tuju

Mengapa hari Jum’at itu berkah, Mengapa hari Jum’at itu Barokah, sebab, di hari Jum’at itu banyak terjadi peristiwa –

peristiwa yang sungguh luar biasa Pertama : Pahala dilipat gandakan, Pada hari Jum’at semua yang di perbuat, yang di kerjakan seorang muslim adalah kepunyaan Allah SWT,  pengertian hari Jumat yang satu ini disebutkan dalam Firman Allah yang berbunyi sebagai berikut : “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah:216).

Kedua : pada hari Jum’at, disebutkan bahwa Nabi sekaligus manusia pertama di muka bumi ini diciptakan Allah SWT pada hari Jumat dengan segala kemuliaan.
Seperti dalam sabdanya Kanjeng Nabi Muhamad SAW : “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam a.s. diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (H.R Muslim).

Ketiga : Hari Suci bagi orang Islsm
Keutamaan hari Jumat, salah satunya waktu yang suci di antara hari lainnya, maka Itulah laki-laki dan perempuan muslim harus selalu beribadah kepada Allah dan meninggalkan urusan duniawi sejenak.(dijelaskan pada QS. Al Jumu’ah 62:9) “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.” (QS. Al Jumu’ah 62:9).

Ke empat : Terjaga dari Fitnah Kubur dan Tanda Khusnul Khotimah
Dijelaskan Keutamaan hari jumat dalam Islam adalah jika seseorang meninggal pada malam jumat atau sore hari, maka ia mendapat tanda husnul khatimah, karena itu, pengampunan dosa merupakan salah satu keutamaan hari Jumat yang sangat luar biasa.
Dijelaskan juga “Barang siapa berwudu kemudian memperbaiki wudunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khotbahnya maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni.” (HR. Muslim)

Ke lima : Dosa Terampuni, Manusia tidak pernah luput dari salah, khilaf, dan dosa.maka di hari Jum’at ini Sllah berikan pengampunan atas segala dosa dosa manusia.

Ke enam : Keistimewaan dan Keutamaan hari Jum’at yang ke enam bahwa Nabi Adam as, di turunkan ke bumi oleh Allah juga pada hari Jum’at.

Ke tuju : Kejadian yang istimewa di hari Jum’at memang sungguh luar biasa, Nabi  Adam as meninggal dunia juga pada hari Jum’at, maka hari Jum’at adalah hari yang penuh berkah, hari yang paling mustajab untuk memanjatkan doa.

Orang-orang mukmin yang memanjatkan doa di hari Jumat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah SWT, maka doanya tersebut akan dikabulkan.

Alangkah bagusnya Doa Jumat Berkah dalam Keluarga perlu dilakukan demi mengharapkan Berkah, barokah dari Allah SWT.
“Ya Allah, berkahilah aku dalam keluarga dan berkahilah keluarga dalam diriku. (red.GI/003)

BARAT MENERAPKAN STANDAR GANDA ANTARA KASUS UKRAINA DAN GAZA

BARAT MENERAPKAN STANDAR GANDA ANTARA KASUS UKRAINA DAN GAZA Menghargai warga Ukraina lebih tinggi dibandingkan nyawa warga Gaza tidak dapat dipertahankan secara moral. Oleh Prabowo Subianto Jakarta,...

Program Pendidikan Siswa Qur’ani Cetak Polwan Berprestasi dengan Keagamaan Kuat

Program Pendidikan Siswa Qur’ani Cetak Polwan Berprestasi dengan Keagamaan Kuat Jakarta, Gerbanginterview - Sekolah Polisi Wanita bersama Lemdiklat Polri dan Quantum Akhyar Institute yang dipimpin...

Puluhan Personil Polres Pekalongan Diterjunkan Guna Pengamanan Kegiatan PSHT Parluh 16 dan PSHT Parluh 17

Puluhan Personil Polres Pekalongan Diterjunkan Guna Pengamanan Kegiatan PSHT Parluh 16 dan PSHT Parluh 17 Pekalongan - gerbanginterview - Puluhan personil Polres Pekalongan diterjunkan guna...

Wah, Aku kok

Salam Waras, Semoga kita semua dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa,...Tulisan kali ini berjudul, "Wah, Aku kok," Yang paling sulit adalah kita menjaga untuk tetap...

Polres Pekalongan Kota Gelar Doa Bersama Lintas Agama.

Polres Pekalongan Kota Gelar Doa Bersama Lintas Agama. Pekalongan -gerbanginterview - Polres Pekalongan Kota, Polda Jateng menggelar kegiatan Doa lintas agama sebagai langkah dalam menciptakan...
- Advertisement -spot_img
Latest News

BARAT MENERAPKAN STANDAR GANDA ANTARA KASUS UKRAINA DAN GAZA

BARAT MENERAPKAN STANDAR GANDA ANTARA KASUS UKRAINA DAN GAZA Menghargai warga Ukraina lebih tinggi dibandingkan nyawa warga Gaza tidak dapat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This