Kejujuran Pemerintah Desa dan ASN dipertaruhkan dalam Even Pemilihan Umum (Pemilu) di depan Warganya

Must Read
- Advertisement -

Kejujuran Pemerintah Desa dan ASN dipertaruhkan dalam Even Pemilihan Umum (Pemilu) di depan Warganya

Gerbanginterview – Berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Pasal 29 huruf (g) disebutkan bahwa Kepala Desa dilarang menjadi pengurus partai politik dan pada huruf (j) dilarang untuk ikut serta dan/atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum dan/atau pemilihan kepala daerah.

Kemudian aturan yang mengatur ASN dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Asas netralitas ASN yang tertuang dalam Undang-Undang No. 5/2014 tentang ASN.

Bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik. ASN dilarang untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Begitulah aturan yang berbicara, demi terciptanya Pemilihan Umum (Pemilu) yang Jujur dan Adil (Jurdil) maka Kejujuran atas aturan tersebut menjadi pertaruhan bagi para Pemerintah Desa dan ASN di depan warganya.

Apakah pelaksanaan aturan tersebut sesuai hati nuraninya, “Dilarang untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.”

Jujur

Sementara Kebebasan orang berpendapat dan berekspresi juga di atur yang di amanah dalam Undang-Undang Pasal 28 dan Pasal 28E ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan “setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat, dan Kebebasan berpendapat.

Di Indonesia di atur sebagaimana tersebut dalam Pasal 28E ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (selanjutnya disebut UUD NRI 1945) mengamanatkan, “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.” Kebebasan berpendapat di Indonesia sudah merupakan sebuah hak yang dilindungi oleh konstitusi. “Apakah benar benar warga masyarakat bebas berserikat berkumpul dan mengeluarkan pendapat, tidak mendapat intimidasi,”

Dari uraian diatas kita tarik kembali ke laptop yaitu tentang “KEJUJURAN” antara Pemerintah yang di dalamnya ada Aparatur Sipil Negara, yang jelas jelas aturan pelaksanaan Pemilu mengaturnya sedemikian rupa.

Dan sebagai obyek pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) itu adalah Warga masyarakat bawah yang hanya bisa pasrah dan “Sendiko dawuh” saja.

Semoga Pemilihan Umum 2024 berjalan baik sesuai amanat undang undangnya, Pemerintah Desa menjalankan sesuai aturannya berlandaskan kejujuran, begitu juga ASN melakukan hal yang sama, sesuai amanat undang undang. (red.GI.003)

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap PEKALONGAN, gerbanginterview – Toko kelontong di wilayah Karangdadap menjadi sasaran operasi...

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan JAKARTA, Gerbanginterview - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang terdiri dari Toni Irfan, SH bersama...

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan.

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan. Pekalongan, gerbanginterview - Tindakan intimidasi terhadap wartawan yang tengah menjalankan profesinya sebagai jurnalis dalam mencari,...

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL Gerbanginterview - Pertama kali Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di gulirkan oleh pemerintah...

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata “The Honduras”

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata "The Honduras" Klaten, Gerbanginterbiew - Guna meningkatkan PAD Desa Ponggok, Pemdes Ponggok,Kec. Polanharjo- Klaten, menambah satu lagi...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap PEKALONGAN, gerbanginterview – Toko kelontong di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This