Rusia Bantah Xi Jinping Peringatkan Putin

Must Read
- Advertisement -
Rusia bantah Presiden China Xi Jinping mendesak Presiden Rusia  Vladimir Putin untuk tidak menggunakan senjata nuklir di Ukraina.

Presiden China Xi Jinping dilaporkan memperingatkan: rekan Rusia agar tidak menggunakan senjata nuklir,’dalam kunjungan ke Moskow pada bulan Maret.

Kremlin membantah laporan bahwa Presiden China, Xi Jinping, secara pribadi telah memperingatkan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, agar tidak menggunakan senjata nuklir di Ukraina.

Xi
Xi Ninping and Vladimir Putin.foto.doc.org

“Tidak, saya tidak bisa memastikannya,” kata juru bicara Putin, Dmitry Peskov, kepada wartawan pada hari Rabu ketika ditanya tentang laporan Financial Times.

Dalam sumbernya yang mengatakan bahwa Xi menyampaikan pesan tersebut ketika dia mengunjungi Moskow pada bulan Maret.

Peskov mengatakan kedua negara ini, telah mengeluarkan pernyataan pada saat isi pembicaraan mereka,. Ia menyebut semua laporan lain tentang kunjungan kenegaraan Xi ke Moskow “fiksi”.

Xi
Xi Jinping.foto.doc.org.

Sejak dimulainya perang di Ukraina, Xi tak tergoyahkan dalam dukungannya untuk “sahabatnya” Putin, sementara Beijing telah membantu menopang ekonomi Rusia yang terkena sanksi.

China juga telah berulang kali menyatakan penentangannya terhadap penggunaan senjata nuklir di Ukraina . Pada bulan November, Xi mengatakan kepada kanselir Jerman, Olaf Scholz, bahwa masyarakat internasional, harus menentang ancaman” atau penggunaan senjata semacam itu dan “mencegah krisis nuklir di Eurasia”.

Xi dilaporkan membuat peringatan nuklirnya kepada Putin, saat dalam perjalanan luar negeri pertamanya. Setelah mengamankan masa jabatan ketiga, sebagai Presiden,.

Ia menunjukkan bahwa Presiden China khawatir tentang kemungkinan perang di Ukraina akan meningkat lebih jauh.

Beijing sebelumnya mengusulkan rencana perdamaian 12 poin, mendesak semua pihak untuk menghindari eskalasi nuklir tetapi secara kritis tidak menyarankan Rusia menarik pasukannya dari Ukraina.

Beberapa sekutu barat Kyiv merasa skeptis terhadap kredensial pencegahan Beijing mengingat kemitraan “tanpa batas” Xi dengan Putin.

Meskipun presiden China tidak secara eksplisit mendukung invasi tersebut, dia menolak untuk mengutuknya dan menggemakan banyak pembenaran Rusia atas perang tersebut, menyalahkan barat karena memicu konflik dengan memasok senjata ke Ukraina.

Sejak memerintahkan pasukannya ke Ukraina, Putin kadang-kadang mengeluarkan ancaman terselubung untuk menggunakan senjata nuklir terhadap negara itu, memperingatkan barat September lalu dia tidak menggertak ketika dia mengatakan Moskow akan menggunakan “semua cara yang tersedia untuk melindungi Rusia dan rakyat kita”.

Beberapa analis terkait Kremlin juga mengadvokasi serangan nuklir pre-emptive di Eropa .

Putin baru-baru ini tampak melunakkan retorika nuklirnya. Berbicara di sebuah konferensi di St Petersburg bulan lalu, dia mengatakan “tidak perlu” menggunakan senjata nuklir karena “keberadaan negara Rusia tidak terancam”.

Dia menambahkan bahwa Moskow telah mengirimkan hulu ledak taktis ke Belarusia, sebuah langkah yang digambarkan oleh NATO pada hari Minggu sebagai “berbahaya dan tidak bertanggung jawab.

Menurut laporan Financial Times, para pejabat China secara pribadi memuji karena meyakinkan Putin untuk mundur dari pemerasan nuklirnya setelah kunjungan Xi ke Moskow pada bulan Maret.

Kyiv telah memperingatkan bahwa Rusia mungkin berencana untuk “mensimulasikan serangan” di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, mengklaim bahwa pasukan Rusia telah menempatkan “benda yang menyerupai bahan peledak” di atap bangunan di lokasi tersebut.

Mengutip intelijen Ukraina, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, mengatakan benda-benda itu telah ditempatkan di atap beberapa unit pembangkit listrik yang ditempati oleh Rusia.

Dikutip dari The Guardian
Redaksi

 

Ngeri, miris, Tegang,…nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024.

Ngeri, miris, Tegang,...nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024. Gerbanginterview - Ngeri, menegangkan, Pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas...

Gelapkan Motor Teman di Alun-Alun Kajen, Pemuda ini Ditangkap Polres Pekalongan

Gelapkan Motor Teman di Alun-Alun Kajen, Pemuda ini Ditangkap Polres Pekalongan Pekalongan, gerbanginterview – Sat Reskrim Polres Pekalongan berhasil mengungkap kasus penggelapan sepeda motor. Tindak...

Polres Boyolali Gelar Doa Lintas Agama Guna Mewujudkan Keamanan dan Keadilan Dalam Negeri,

Polres Boyolali Gelar Doa Lintas Agama Guna Mewujudkan Keamanan dan Keadilan Dalam Negeri Boyolali, gerbanginterview - Polres Boyolali menggelar kegiatan doa bersama lintas agama sebagai...

Projo Sampang Sebut PT Jati Wangi Tak Layak Menang Lelang Preservasi Jalan Kedungdung-Bringkoning

SAMPANG | gerbanginterview.com - Jalan Kedungdung-Bringkoning mendapatkan kucuran dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN ) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat...

KPU Tetapkan Hasil Pemilu 2024, Polres Pekalongan Tingkatkan Patroli Harkamtibmas

KPU Tetapkan Hasil Pemilu 2024, Polres Pekalongan Tingkatkan Patroli Harkamtibmas Pekalongan, gerbanginterview - Antisipasi timbulnya gangguan kamtibmas dalam penetapan hasil Pemilu 2024, Polres Pekalongan menggelar...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Ngeri, miris, Tegang,…nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024.

Ngeri, miris, Tegang,...nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024. Gerbanginterview - Ngeri, menegangkan, Pertandingan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This