Tradisi Saparan Yaqowiyu, Ribuan Warga Padati Alun-alun Plampeyan

Must Read
- Advertisement -

Tradisi Saparan Yaqowiyu, Ribuan Warga Padati Alun-alun Plampeyan

KLATEN,gerbanginterview – Ribuan warga dari berbagai daerah ikut memeriahkan puncak tradisi Saparan Yaqowiyu di Jatinom, Jumat (1/9/2023).

Masyarakat memadati Alun-alun Sendang Plampeyan yang menjadi vanue sebaran apem yang menjadi puncak tradisi Yaqowiyu.

Lebih dari 6 ton apem dibagikan dalam tradisi sebaran apem tersebut. Apem tersebut merupakan sumbangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dan masyarakat, khususnya warga Jatinom.

Puncak tradisi tersebut dilaksanakan usai salat Jumat berjamaah yang digelar di Masjid Gedhe Jatinom yang berada di kompleks Makam Ki Ageng Gribig. Usai salat Jumat, dua gunungan apem yang sebelumnya telah diinapkan di area masjid dibawa turun ke panggung utama Alun-alun Plampeyan.

Saparan

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Turut mendampingi, Bupati Klaten Sri Mulyani dan tamu undangan dari Keraton Kasunanan Surakartahadiningrat.

Usai didoakan, kue apem pun dibagikan kepada masyarakat yang telah menunggu. Sebaran apem dimulai dengan lemparan pertama oleh Ganjar Pranowo dan diikuti penyebaran apem yang telah disiapkan di dua menara yang berada di tengah Alun-alun Plampeyan.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang turut serta melestarikan budaya Saparan Yaqowiyu.

Saparan

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah menunggu. Alhamdulillah kita bisa kembali mengikuti tradisi Saparan. Rasanya selalu senang untuk bisa hadir di sini (Yaqowiyu) setiap tahunnya. Mudah-mudahan tradisi Yaqowiyu ini dapat terus berjalan,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan kata pamit kepada masyarakat Jawa Tengah yang hadir karena masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah akan berakhir pada 5 September mendatang.

“Dalam kesempatan yang baik ini, sekaligus saya sampaikan terima kasih selama 10 tahun bersama masyarakat, kita bekerja untuk membangun Jawa Tengah. Terima kasih atas dukungan dan kesempatannya, 10 tahun saya mengemban amanah sebagai Gubernur Jawa Tengah. Saya mohon maaf jika ada kekurangannya,” paparnya.

Saparan

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan tradisi Saparan Yaqowiyu merupakan even tahunan yang menjadi pariwisata unggulan di Kabupaten Klaten. Ia berharap tradisi tersebut dapat terus dilestarikan oleh masyarakat dari tahun ke tahun.

“Tentunya tradisi ini turut meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di wilayah Jatinom dan sekitarnya,” katanya.

Tradisi sebaran apem Yaqowiyu merupakan peninggalan budaya dari Ki Ageng Gribig yang merupakan tokoh ulama besar yang menyebarkan ajaran Islam di Desa Krajan, Kecamatan Jatinom.(Sis/GI.red.003)

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah.

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah. Gerbanginterview - Kalah dan menang itu rumus dalam satu pertandingan, dalam pemilu pun kalah dan menang terjadi, seharusnya...

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug Boyolali, Gerbanginterview - Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, dengan tulus...

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa – Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng.

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa - Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng. SEMARANG,Gerbanginterview – Polda...

Kapolres Boyolali Pimpin Pengecekan Pengamanan PSU di Desa Kadireso

Desa Kadireso Gelar PSU, Polres Boyolali Lakukan Pengecekan Keamanan Boyolali, Gerbanginterview - Dalam upaya untuk memastikan kelancaran Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara...

Kematian

Kematian .... kematian adalah takdir seluruh makhluk, manusia ataupun jin, hewan ataupun makhluk-makhluk lain, baik lelaki atau perempuan, tua ataupun muda, baik orang sehat ataupun...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah.

Rakyat Memilih, Menjadi Penentu Menang dan Kalah. Gerbanginterview - Kalah dan menang itu rumus dalam satu pertandingan, dalam pemilu pun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This