Tradisi Saparan Yaqowiyu, Ribuan Warga Padati Alun-alun Plampeyan

Must Read
- Advertisement -

Tradisi Saparan Yaqowiyu, Ribuan Warga Padati Alun-alun Plampeyan

KLATEN,gerbanginterview – Ribuan warga dari berbagai daerah ikut memeriahkan puncak tradisi Saparan Yaqowiyu di Jatinom, Jumat (1/9/2023).

Masyarakat memadati Alun-alun Sendang Plampeyan yang menjadi vanue sebaran apem yang menjadi puncak tradisi Yaqowiyu.

Lebih dari 6 ton apem dibagikan dalam tradisi sebaran apem tersebut. Apem tersebut merupakan sumbangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dan masyarakat, khususnya warga Jatinom.

Puncak tradisi tersebut dilaksanakan usai salat Jumat berjamaah yang digelar di Masjid Gedhe Jatinom yang berada di kompleks Makam Ki Ageng Gribig. Usai salat Jumat, dua gunungan apem yang sebelumnya telah diinapkan di area masjid dibawa turun ke panggung utama Alun-alun Plampeyan.

Saparan

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Turut mendampingi, Bupati Klaten Sri Mulyani dan tamu undangan dari Keraton Kasunanan Surakartahadiningrat.

Usai didoakan, kue apem pun dibagikan kepada masyarakat yang telah menunggu. Sebaran apem dimulai dengan lemparan pertama oleh Ganjar Pranowo dan diikuti penyebaran apem yang telah disiapkan di dua menara yang berada di tengah Alun-alun Plampeyan.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang turut serta melestarikan budaya Saparan Yaqowiyu.

Saparan

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah menunggu. Alhamdulillah kita bisa kembali mengikuti tradisi Saparan. Rasanya selalu senang untuk bisa hadir di sini (Yaqowiyu) setiap tahunnya. Mudah-mudahan tradisi Yaqowiyu ini dapat terus berjalan,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan kata pamit kepada masyarakat Jawa Tengah yang hadir karena masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah akan berakhir pada 5 September mendatang.

“Dalam kesempatan yang baik ini, sekaligus saya sampaikan terima kasih selama 10 tahun bersama masyarakat, kita bekerja untuk membangun Jawa Tengah. Terima kasih atas dukungan dan kesempatannya, 10 tahun saya mengemban amanah sebagai Gubernur Jawa Tengah. Saya mohon maaf jika ada kekurangannya,” paparnya.

Saparan

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan tradisi Saparan Yaqowiyu merupakan even tahunan yang menjadi pariwisata unggulan di Kabupaten Klaten. Ia berharap tradisi tersebut dapat terus dilestarikan oleh masyarakat dari tahun ke tahun.

“Tentunya tradisi ini turut meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di wilayah Jatinom dan sekitarnya,” katanya.

Tradisi sebaran apem Yaqowiyu merupakan peninggalan budaya dari Ki Ageng Gribig yang merupakan tokoh ulama besar yang menyebarkan ajaran Islam di Desa Krajan, Kecamatan Jatinom.(Sis/GI.red.003)

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap PEKALONGAN, gerbanginterview – Toko kelontong di wilayah Karangdadap menjadi sasaran operasi...

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan JAKARTA, Gerbanginterview - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang terdiri dari Toni Irfan, SH bersama...

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan.

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan. Pekalongan, gerbanginterview - Tindakan intimidasi terhadap wartawan yang tengah menjalankan profesinya sebagai jurnalis dalam mencari,...

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL Gerbanginterview - Pertama kali Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di gulirkan oleh pemerintah...

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata “The Honduras”

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata "The Honduras" Klaten, Gerbanginterbiew - Guna meningkatkan PAD Desa Ponggok, Pemdes Ponggok,Kec. Polanharjo- Klaten, menambah satu lagi...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap

Toko Kelontong yang Disinyalir Jual Minuman Keras, Jadi Sasaran Razia yang Digelar Polsek Karangdadap PEKALONGAN, gerbanginterview – Toko kelontong di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This