Mengapa Pemilihan Presiden Petugas Partai Tidak Selalu Tepat.

Must Read
- Advertisement -
Mengapa
Oleh : M.Ismail Zulkarnain, SH

Mengapa Pemilihan Presiden Petugas Partai Tidak Selalu Tepat.

PEMILIHAN seorang Presiden adalah salah satu aspek paling penting dalam menjalankan demokrasi, Presiden memegang peran yang sangat besar dalam mengarahkan negara dan kebijakan – kebijakan yang akan memengaruhi kehidupan rakyatnya.

Namun, ada tren yang patut dicermati dalam pemilihan Presiden, yaitu munculnya kandidat yang merupakan petugas partai, Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan mengapa pemilihan Presiden petugas partai tidak selalu tepat untuk melindungi prinsip-prinsip demokrasi yang sehat.

1. Oligarki Politik :
Pemilihan Presiden petugas partai seringkali mencerminkan oligarki politik, yaitu dominasi sekelompok kecil individu atau kelompok yang mengendalikan partai politik.
Ini dapat mengakibatkan kurangnya keterwakilan, di mana keputusan tentang calon presiden dapat diambil oleh kelompok elit dalam partai, tanpa memperhatikan suara anggota partai atau aspirasi masyarakat secara keseluruhan.

2. Ketidaksetaraan dalam Partai :
Presiden petugas partai mungkin memiliki keunggulan besar dalam akses ke sumber daya dan dukungan dalam partai mereka. Hal ini bisa membuat pesaing yang lebih potensial kesulitan untuk bersaing secara adil. Ketidaksetaraan seperti ini dapat merusak persaingan yang sehat dan membuat proses pemilihan menjadi kurang demokratis.

3. Keputusan yang Dipengaruhi oleh Kepentingan Partai :
Presiden yang merupakan petugas partai cenderung memiliki loyalitas yang lebih kuat kepada partai daripada kepada rakyat. Hal ini dapat mengakibatkan pengambilan keputusan yang lebih dipengaruhi oleh kepentingan partai daripada kepentingan masyarakat secara keseluruhan.

4. Monopoli Kekuasaan :
Jika seorang petugas partai berhasil terpilih sebagai presiden, hal ini dapat menciptakan monopoli kekuasaan di dalam partai. Persaingan yang sehat dalam partai dapat terhambat, dan kritik terhadap presiden dapat dicegah.

5. Perubahan yang Diperlukan :
Demokrasi seharusnya memberikan rakyat hak untuk memilih pemimpin mereka secara bebas, tanpa intervensi atau kendala dari kelompok elit dalam partai. Pemilihan presiden petugas partai dapat menghalangi proses ini.

Penting untuk diingat bahwa pemilihan presiden harus didasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan visi pemimpin yang akan memimpin negara. Masyarakat harus memiliki akses yang sama untuk mengajukan kandidat yang mereka dukung, tanpa terpengaruh oleh dominasi partai politik. Untuk menjaga demokrasi yang sehat, transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat yang lebih luas dalam pemilihan presiden adalah kunci.

Ketika masyarakat berpartisipasi aktif dalam proses pemilihan dan berfokus pada kualitas pemimpin yang dipilih, demokrasi dapat berkembang dengan baik dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi semua warganya.

Oleh karena itu, janganlah hanya memilih presiden karena dia adalah petugas partai, tetapi pertimbangkan dengan seksama visi, kualifikasi, dan komitmen mereka terhadap prinsip-prinsip demokrasi yang kuat.

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan JAKARTA, Gerbanginterview - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang terdiri dari Toni Irfan, SH bersama...

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan.

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan. Pekalongan, gerbanginterview - Tindakan intimidasi terhadap wartawan yang tengah menjalankan profesinya sebagai jurnalis dalam mencari,...

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL Gerbanginterview - Pertama kali Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di gulirkan oleh pemerintah...

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata “The Honduras”

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata "The Honduras" Klaten, Gerbanginterbiew - Guna meningkatkan PAD Desa Ponggok, Pemdes Ponggok,Kec. Polanharjo- Klaten, menambah satu lagi...

TANDA KUTIP…!!!!

TANDA KUTIP...!!!! Gerbanginterview - Mungkin pembaca bertanya tanya judul kok "Tanda Kutip",...sebelum kita bahas, Mari kita salam pagi dulu, salam waras, jangan lupa ngeteh, ngopi...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan JAKARTA, Gerbanginterview - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang terdiri...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This