DPC GN 08 Indonesia Emas Kabupaten Pemalang, Menggelar Layanan Kesehatan Murah

Must Read
- Advertisement -

DPC GN 08 Indonesia Emas Kabupaten Pemalang, Menggelar Layanan Kesehatan Murah

Gerbanginterview – Garuda Nusantara 08 – Indonesia Emas (GN08) rutin mengadakan program “Layanan Kesehatan Murah” di berbagai wilayah Jawa Tengah. (7/10/2023)

Program ini apabila dideskripsikan secara sederhana, dahulu dikenal dengan nama Pengobatan Gratis. Kegiatan yang merujuk pada aktivitas kolaborasi relawan dan ahli medis swasta untuk mendirikan klinik sementara secara spontan.

DPC Garuda Nusantara 08 Indonesia Emas Kabupaten Pemalang, Pada Hari Sabtu (07/10/2023) mengadakan “Deklarasi Relawan Pendukung Prabowo Subianto”. Sekaligus persiapan dan gladi bersih untuk kegiatan Layanan Kesehatan Murah di Desa Nyampung Sari Kecamatan Petarukan.

Layanan Kesehatan Murah ini jumlah pesertanya di batasi 100 orang, hal ini bertujuan agar tidak terjadi suasana krodit di lokasi kegiatan, dan pesertanya diseleksi melalui data, dicari yang benar-benar membutuhkan bantuan. Waktu pelaksanaan satu hari, sejak pukul 10:00 – 16:00 WIB.

Slamet AR sebagai Ketua DPC Garuda Nusantara 08 Indonesia Emas, Kabupaten Pemalang menyampaikan “Aksi relawan kesehatan ini didedikasikan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penyediaan layanan medis berupa pemeriksaan, diagnosa, penyuluhan, vitamin, pemberian makanan dan minuman sehat, juga edukasi kesehatan.” Terangnya.

Lanjut kata Slamet AR, “Tidak menutup kemungkinan, bisa saja melakukan pendampingan lebih serius hingga penanganan apabila dibutuhkan, serta membantu masyarakat mendapatkan bantuan dan akses mudah kesehatan yang sudah disediakan oleh pemerintah.” Katanya.

Layanan Kesehatan Murah GN08 selain fokus ke pelayanan kemanusiaan, sekaligus sebagai metode pendekatan relawan ke masyarakat, untuk melakukan analisa singkat terkait sanitasi dasar.

Emas

Apakah kondisi masyarakat kini sudah mendapatkan layanan dan fasilitas untuk menjaga kesehatan dan lingkungannya. Mencakup tindakan dan infrastruktur yang dirancang untuk memastikan pengolahan limbah manusia yang aman, akses air bersih, serta pendampingan praktek pribadi untuk hidup sehat.

Agus Suryo Winarto sebagai Ketua Umum GN08 menyampaikan “K? ekurangan sanitasi dasar dapat mengakibatkan penyakit diare, kolera, serta masalah kesehatan masyarakat lainnya. Saya pernah mengalami trauma dengan hal tersebut, bagaimana anak kami mengalami diare akut hingga perlu penanganan medis secara khusus. Namun trauma itu, kini menjadi inspirasi bagaimana saya akan terus memperjuangkan masalah sanitasi dasar” jelas Agus Ketua Umum GN 08 Indonesia Emas.

Emas

Masih kata Agus, “Sanitasi dasar memiliki korelasi yang kuat dengan visi misi bangsa kita menuju “Indonesia Emas”. Adalah konsep hidup yang bertujuan membuat Indonesia menjadi negara yang maju, sejahtera, dan berdaya saing tinggi di tingkat global.” Terangnya.

Kondisi kesehatan masyarakat yang buruk dapat menghambat kemajuan Indonesia. Dengan meningkatkan sanitasi dasar kesehatan masyarakat lebih terjaga, yang kemudian meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup kita.

Emas

Kemudian dalam bidang pendidikan. Sanitasi yang baik di sekolah menjadi komponen penting, untuk anak-anak bisa memiliki akses ke fasilitas yang layak saat hadir di sekolah dan belajar dengan nyaman. Kenyamanan, kebersihan, dan kesehatan lingkungan sekolah adalah penopang kualitas pendidikan mereka.

Meningkatkan sanitasi dasar juga sebagai langkah berkontribusi pada pembangunan infrastruktur dan ekonomi yang berkelanjutan. Pembangunan fasilitas sanitasi yang baik di ruang publik memerlukan investasi dalam pembangunan infrastruktur, yang dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Emas

Upaya untuk meningkatkan sanitasi dasar juga dapat membantu mengurangi ketidaksetaraan sosial dan ekonomi di Indonesia. Fasilitas sanitasi yang buruk lebih mungkin ditemukan di daerah-daerah yang kurang berkembang atau di komunitas yang kurang mampu. Memastikan bahwa semua warga Indonesia memiliki akses yang sama ke sanitasi dasar dapat membantu mengurangi ketidaksetaraan dan mencapai visi Indonesia Emas yang inklusif.

Secara keseluruhan, sanitasi dasar dan layanan kesehatan adalah hal penting guna mencapai visi “Indonesia Emas”. Hal ini memiliki dampak yang luas pada peningkatan kesehatan masyarakat, pendidikan, ekonomi, dan kesetaraan.

Upaya untuk meningkatkan sanitasi dasar harus menjadi bagian integral dari agenda pembangunan Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut.(redaksi/GI red. 002)

AFC Asian Cup Semifinal: Antara Harapan dan Tantangan bagi Timnas Indonesia U-23

Gerbanginterview.com - Pertarungan sengit menanti timnas Indonesia U-23 dalam laga semifinal AFC Asian Cup yang akan digelar pada 29 April mendatang. Pasukan Garuda Muda...

Irjen Pol Ahmad Luthfi, sosok Kapolda Jateng yang dekat dengan Masyarakat; bersama Komunitas Jeep mengadakan Baksos di Boyolali

Irjen Pol Ahmad Luthfi, sosok Kapolda Jateng yang dekat dengan Masyarakat; bersama Komunitas Jeep mengadakan Baksos di Boyolali Boyolali, gerbanginterview - Polda Jateng|Kapolda Jateng Irjen...

Ngeri, miris, Tegang,…nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024.

Ngeri, miris, Tegang,...nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024. Gerbanginterview - Ngeri, menegangkan, Pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas...

Gelapkan Motor Teman di Alun-Alun Kajen, Pemuda ini Ditangkap Polres Pekalongan

Gelapkan Motor Teman di Alun-Alun Kajen, Pemuda ini Ditangkap Polres Pekalongan Pekalongan, gerbanginterview – Sat Reskrim Polres Pekalongan berhasil mengungkap kasus penggelapan sepeda motor. Tindak...

Polres Boyolali Gelar Doa Lintas Agama Guna Mewujudkan Keamanan dan Keadilan Dalam Negeri,

Polres Boyolali Gelar Doa Lintas Agama Guna Mewujudkan Keamanan dan Keadilan Dalam Negeri Boyolali, gerbanginterview - Polres Boyolali menggelar kegiatan doa bersama lintas agama sebagai...
- Advertisement -spot_img
Latest News

AFC Asian Cup Semifinal: Antara Harapan dan Tantangan bagi Timnas Indonesia U-23

Gerbanginterview.com - Pertarungan sengit menanti timnas Indonesia U-23 dalam laga semifinal AFC Asian Cup yang akan digelar pada 29...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This