PKUB Kecamatan Terima Bantuan Stimulan Untuk Menopang Berbagai Kegiatan

Must Read
- Advertisement -

Kecamatan

PKUB Kecamatan Terima Bantuan Stimulan Untuk Menopang Berbagai Kegiatan

KLATEN, gerbanginterview – Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) di masing-masing Tingkat Kecamatan, di Kabupaten Klaten terima bantuan dana stimulan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten setiap Kecamatan Rp 2,5 juta rupiah yang penyerahannya dilakukan di Kantor FKUB komplek Kantor Kemenag Kabupaten Klaten, Jumat (29/12/2023.

Ketua FKUB Kabupaten Klaten Syamsuddin Asyrofi mengatakan Pembentukan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) di tingkat Kecamatan yang anggotanya berasal dari tokoh lintas agama guna mewujudkan kerukunan di masyarakat.

“Peran Tokoh lintas agama, Tokoh masyarakat dan penyuluh agama di Kecamatan dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama sangat penting,” ujarnya.

Menurut Syamsuddin Asyrofi, pembentukan FKUB selama ini baru dilakukan di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota saja, sedangkan di tingkat Kecamatan dan Desa/ Kelurahan belum ada.

“Oleh karena itu, sangat tepat dibentuk paguyuban-paguyuban yang anggotanya atau pengurusnya dari tokoh lintas agama sehingga kalau ada gejala-gejala sosial yang kurang baik, maka para tokoh agama bisa berkomunikasi dan mencegah adanya konflik melalui wadah PKUB,” katanya lagi.

Dijelaskan bahwa di Klaten pembentukan PKUB telah selesai di 26 Kecamatan dan 401 Desa/Kelurahan untuk mewadahi seluruh elemen dan tokoh lintas agama yang ada di daerah yang ada di Klaten.

“Apapun bentuk permasalahan yang muncul di tingkat Kecamatan dan Desa/ Kelurahan akan lebih mudah terdeteksi bila PKUB sudah terbentuk dan aktif melakukan kegiatan,” kata Syamsuddin.

Diharapkan dengan pembentukan PKUB tingkat Kecamatan dan Desa/ Kelurahan maka akan mampu meredam gejolak terkait dengan kerukunan antar umat beragama dan dapat mengatasi permasalahan ataupun memberikan informasi secara cepat dan tepat.

Baca juga :

Syamsuddin Asyrofi : Refleksi Akhir Tahun Meneguhkan Komitmen FKUB Bersinergi Merawat Kerukunan

Penyerahan secara simbolis bantuan stimulan untuk PKUB Kecamatan masing-masing Rp 2,5 juta rupiah dari FKUB Kabupaten Klaten Jumat ( 29 /12/2023) dilakukan Syamsuddin Asyrofi didampingi wakil Ketua H.Basuno dan Sekertaris Moch.Isnaeni.

Kecamatan

“Kalau PKUB tingkat Kecamatan terbentuk, maka permasalahan di tingkat daerah bisa tertangani, minimal informasi itu bisa segera masuk , apalagi kalau PKUB telah terbentuk sampai di tingkat Desa/ Kelurahan Seperti halnya di Klaten,” jelasnya.

Selain itu, pembentukan PKUB  memang perlu dan sudah waktunya dalam menyikapi perkembangan situasi apalagi Kabupaten Klaten merupakan wilayah yang cukup luas dengan masyarakatnya yang majemuk.

Ketua PKUB Kecamatan Gantiwarno Rusdi Santosa menyambut baik dan menyampaikan terimakasih usai menerima bantua dan berharap ke depan dapat ditingkatkan.

” Kami sampaikan terima kasih bantuan dana stimulan ini untuk mendukung telah dibentuknya PKUB Tingkat Kecamatan dan Desa/ Kelurahan” katanya.

Ia berharap dengan dibentuknya PKUB daerah situasi kondusif dan kerukunan antarumat beragama dapat diwujudkan di masyarakat. (Moch. Isnaeni/red.Siswanto/GI)

Kecamatan

Kecamatan

 

 

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan JAKARTA, Gerbanginterview - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang terdiri dari Toni Irfan, SH bersama...

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan.

Wartawan Diancam Saat Meliput Audensi Konflik Pasar Grosir Setono Pekalongan. Pekalongan, gerbanginterview - Tindakan intimidasi terhadap wartawan yang tengah menjalankan profesinya sebagai jurnalis dalam mencari,...

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL

OPINI : BANYAK YANG BINGUNG PUSING TUJU KELILING KETIKA KESANDUNG PTSL Gerbanginterview - Pertama kali Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di gulirkan oleh pemerintah...

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata “The Honduras”

Untuk Meningkatkan PAD, Pemdes Ponggok Bangun Wahana Wisata "The Honduras" Klaten, Gerbanginterbiew - Guna meningkatkan PAD Desa Ponggok, Pemdes Ponggok,Kec. Polanharjo- Klaten, menambah satu lagi...

TANDA KUTIP…!!!!

TANDA KUTIP...!!!! Gerbanginterview - Mungkin pembaca bertanya tanya judul kok "Tanda Kutip",...sebelum kita bahas, Mari kita salam pagi dulu, salam waras, jangan lupa ngeteh, ngopi...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan

Terdakwa Rudy Dermawan Muliadi Divonis Pidana Penjara 4 Bulan JAKARTA, Gerbanginterview - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang terdiri...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This