Peran Generasi Muda Sebagai Agen Perubahan Di Bidang Pertanian

Must Read
- Advertisement -

Peran

Peran Generasi Muda Sebagai Agen Perubahan Di Bidang Pertanian

Peran

TUNTANG, Gerbanginterview -Pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan menimbulkan dampak negatif terhadap ekosistem pertanian, kerusakan tersebut misalnya pengerasan tanah, hilangnya organik tanah, kontaminasi tanah dari senyawa kimia dan rusaknya struktur tanah menyebabkan rusaknya perakaran sehingga mengakibatkan turunnya produksi komoditas pertanian.

Secara umum, petani masih sangat bergantung pada penggunaan pupuk kimia, Untuk mengatasi kerusakan lingkungan, Kelompok Tani Senandika Cakrawala Petani Muda Desa Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang membuat Pupuk Organik Cair (POC) dan Pupuk Organik Padat.

Pelda Muhamad Munjali Babinsa Desa Kesongo Koramil 05/Tuntang Kodim 0714/Salatiga bersama Danramil 05/Tuntang Kapten Arh Sunaryo saat melaksanakan pendampingan di Kelompok Tani Muda Tersebut.

Deqi Novendra salah satu anggota Poktan Senandika Cakrawala mengatakan hal ini adalah upaya dan juga kepedulian dari mereka akan bahaya nya kondisi tanah pertanian apabila para petani mengandalkan dari pupuk berbahan kimia.

“Tujuan dari pembuatan pupuk organik ini untuk mengurangi penggunaan bahan kimia demi peningkatan kesuburan tanah juga mengatasi keterbatasan ketersediaan pupuk dari pemerintah”ujarnya.

Ditambahkannya kelebihan dari pupuk tersebut di samping lebih ekonomis juga mudah untuk membuat dan mendapatkan nya karena bahan dasar nya berasal dari limbah rumah tangga.

“Pupuk organik terbukti sangat bermanfaat untuk peningkatan produksi pertanian dan kualitas lahan serta mengurangi pencemaran lingkungan. Dalam jangka panjang penggunaan pupuk organik dapat meningkatkan produktivitas lahan dan mencegah degradasi lahan”sambungnya.

Kapten Arh Sunaryo sangat mengapresiasi dengan inovasi yang dimiliki oleh para Petani muda tersebut,menurutnya hal ini merupakan terobosan yang sangat baik dan tentunya sangat bermanfaat.

“Disadari atau tidak generasi milenial saat ini terlihat enggan menjadi petani, mereka lebih cenderung memilih untuk kerja di industri dan supermarket Dibanding bercocok tanam”ujar nya.

Dengan menyumbangkan pikiran apalgi ditambah dengan tenaga para generasi muda tersebut sudah menjadi Agen Perubahan khususnya dibidang pertanian.

“Mereka bisa juga memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada petani lain tentang bagaimana cara mengolah limbah rumah tangga menjadi pupuk organik yang tentunya memberikan manfaat bagi para petani”tegasnya.(Red.GI Rep. Jiyono/Wisnu Timur)

Peran

GPK BOYOLALI GELAR DEKLARASI DUKUNG MARSONO – SAIFULHAQ DI PILKADA 2024.

GPK BOYOLALI GELAR DEKLARASI DUKUNG MARSONO - SAIFULHAQ DI PILKADA 2024. Gerbanginterview - Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) Boyolali pimpinan Zaenal, diharapkan bisa memberi warna dalam...

Opini : Kepala Desanya Berani Deklarasi menentukan Dukungan, Warganya Berani Menentukan Pilihannya Sendiri

Opini : Kepala Desanya Berani Deklarasi menentukan Dukungan, Warganya Berani Menentukan Pilihannya Sendiri Gerbanginterview - Setiap menjelang pilkada netralitas para Kepala desa, perangkat desa, dan...

DULU,…. PAK KADES TIDAK BERANI BLAK BLAKAN, SEKARANG BERANI.

DULU,.... PAK KADES TIDAK BERANI BLAK BLAKAN, SEKARANG BERANI. Gerbanginterview - Netralitas para kepala desa dan perangkatnya dalam Pemilu kada 2024. di Kabupaten Boyolali menjadi...

HUT RI Yang Ke- 79 Pemdes Terosan Mengadakan Lomba Tertilul Qur’an, MTQ Tingkat Desa

SAMPANG, gerbanginterview.com - Pemerintah Desa Terosan menggelar lomba Tertilul Qur'an (MTQ) tingkat desa. Digandeng oleh GP. Ansor Terosan, Kegiatan ini bertujuan untuk menilai potensi...

Prabu Sakti Trans Siap Melayani Perjalanan Anda Ke-seluruh Tujuan

SAMPANG || gerbanginterview.com - Prabu Sakti Trans hadir untuk melayani liburan masyarakat Sampang, insya allah perjalanan andan lancar, aman, dan nyaman. Dengan armada kendaraan...
- Advertisement -spot_img
Latest News

GPK BOYOLALI GELAR DEKLARASI DUKUNG MARSONO – SAIFULHAQ DI PILKADA 2024.

GPK BOYOLALI GELAR DEKLARASI DUKUNG MARSONO - SAIFULHAQ DI PILKADA 2024. Gerbanginterview - Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) Boyolali pimpinan Zaenal,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This