Tidak Semua Jakarta Berkembang Untuk Lahan Pertanian

Must Read
- Advertisement -
Kota DKI Jakarta, adalah jumlah penduduk padat, dan sempit di wilayah seluruh Ibukota Jakarta. Salah satunya, di wilayah Jakarta Timur sekitar 2,938 juta jiwa. Dan tercatat pada tahun (2019) bahkan lebih, (12/9/2022).

DKI Jakarta sedang giat-giatnya menggalakan Program Kampung Iklim (Proklim). Yang utama tentang pertanian dan bibit obat-obatan. Program ini kita telusuri salah satu contoh seperti di wilayah: Kelurahan Cibubur dan Kelurahan Ciracas, dari Kecamatan Ciracas Jakarta Timur.

Proklim ini besutan dari Pemkot Jakarta Timur, Pertanian dan berkolaborasi dengan Kecamatan, Kelurahan, PKK, RW, dan RT serta masyarakat sekitarnya.

 

Ketika crew menelisik, Proklim di Jalan Abdulrahman RT 011/05 Kelurahan Cibubur. Dalam rangka panen sayur-sayuran Kangkung, yang dibawah naungan PKK.

Sebut saja Hj Ida, selaku Ketua PKK, yang berhalangan hadir dikarenakan kondisinya kurang sehat. Dan ia mewakilkan oleh Indah, selaku penanggung jawab’, Tanam-tanaman, Sayur-sayuran yang telah panen.

Seperti halnya Kangkung. Menurut Indah,” Kangkung ini siap panen hari ini, dan Sayur-sayuran Kangkung ini, kami menanam benihnya Kangkung” hingga panen, cukup hanya 1 bulan saja, Ucap Indah.

Ada juga menanam Kangkung dengan cara Aqua Phoenix, yang artinya bibit Kangkung yang sudah terlihat daunnya, dan dilanjutkan kita tanam dengan cara memakai gelas Aqua, dan disertai oleh sebuah pipa, diantaranya oleh guyuran sirkulasi Air.

Kemudian sayuran Bayam, sebulan yang lalu juga telah panen. Nah ini sudah mengembang lagi sekitar 2 mingguan.

Serta disusul dengan Leunca atau disebut juga “lalapan, itupun juga bisa diambil buahnya, yang terlihat dibatang pohon.

Kemudian Obat-obatan (Toga), seperti andeline, kalau kita luka-luka cukup diolehkan daunnya. Terdapat pula Kencur, Lavender, buah Anggur dan jenis tanaman lainnya.

Pengembangan ini, menurut H Alex selaku penasehat RW 05, ketika dikutip beberapa bulan lalu, tetap kita tingkatkan lagi. Baik H. Alex dan Hj Ida hal serupa, yang Ia sampaikan.

Mereka berdua adalah pendorong penuh, dan mengembangkannya, hingga terpetik hasilnya yang gemilang.

menurut H. Masgawi selaku Ketua RT 011, RW 05. Pengembangan ini diwarisi oleh Ketua RW 05 sebelumnya yakni Imammudin. Ketua RW 05 penerusnya, adalah H. Toha, yang telah mengembangkannya hingga saat ini.

Saya senang sekali dan berjalan dengan baik, berkat H. Alex dan team, juga ia yang berkontribusi tentang Proklim ini.

Tentunya hal Proklim ini, membuat suatu kebanggaan bagi Kelurahan Cibubur. Yang saling melengkapi khususnya di wilayah Ciracas, dan untuk Kecamatan Ciracas, serta masyarakat DKI jakarta.

 

Ngeri, miris, Tegang,…nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024.

Ngeri, miris, Tegang,...nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024. Gerbanginterview - Ngeri, menegangkan, Pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas...

Gelapkan Motor Teman di Alun-Alun Kajen, Pemuda ini Ditangkap Polres Pekalongan

Gelapkan Motor Teman di Alun-Alun Kajen, Pemuda ini Ditangkap Polres Pekalongan Pekalongan, gerbanginterview – Sat Reskrim Polres Pekalongan berhasil mengungkap kasus penggelapan sepeda motor. Tindak...

Polres Boyolali Gelar Doa Lintas Agama Guna Mewujudkan Keamanan dan Keadilan Dalam Negeri,

Polres Boyolali Gelar Doa Lintas Agama Guna Mewujudkan Keamanan dan Keadilan Dalam Negeri Boyolali, gerbanginterview - Polres Boyolali menggelar kegiatan doa bersama lintas agama sebagai...

Projo Sampang Sebut PT Jati Wangi Tak Layak Menang Lelang Preservasi Jalan Kedungdung-Bringkoning

SAMPANG | gerbanginterview.com - Jalan Kedungdung-Bringkoning mendapatkan kucuran dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN ) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat...

KPU Tetapkan Hasil Pemilu 2024, Polres Pekalongan Tingkatkan Patroli Harkamtibmas

KPU Tetapkan Hasil Pemilu 2024, Polres Pekalongan Tingkatkan Patroli Harkamtibmas Pekalongan, gerbanginterview - Antisipasi timbulnya gangguan kamtibmas dalam penetapan hasil Pemilu 2024, Polres Pekalongan menggelar...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Ngeri, miris, Tegang,…nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024.

Ngeri, miris, Tegang,...nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024. Gerbanginterview - Ngeri, menegangkan, Pertandingan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This