Tidak Semua Jakarta Berkembang Untuk Lahan Pertanian

Must Read
- Advertisement -
Kota DKI Jakarta, adalah jumlah penduduk padat, dan sempit di wilayah seluruh Ibukota Jakarta. Salah satunya, di wilayah Jakarta Timur sekitar 2,938 juta jiwa. Dan tercatat pada tahun (2019) bahkan lebih, (12/9/2022).

DKI Jakarta sedang giat-giatnya menggalakan Program Kampung Iklim (Proklim). Yang utama tentang pertanian dan bibit obat-obatan. Program ini kita telusuri salah satu contoh seperti di wilayah: Kelurahan Cibubur dan Kelurahan Ciracas, dari Kecamatan Ciracas Jakarta Timur.

Proklim ini besutan dari Pemkot Jakarta Timur, Pertanian dan berkolaborasi dengan Kecamatan, Kelurahan, PKK, RW, dan RT serta masyarakat sekitarnya.

 

Ketika crew menelisik, Proklim di Jalan Abdulrahman RT 011/05 Kelurahan Cibubur. Dalam rangka panen sayur-sayuran Kangkung, yang dibawah naungan PKK.

Sebut saja Hj Ida, selaku Ketua PKK, yang berhalangan hadir dikarenakan kondisinya kurang sehat. Dan ia mewakilkan oleh Indah, selaku penanggung jawab’, Tanam-tanaman, Sayur-sayuran yang telah panen.

Seperti halnya Kangkung. Menurut Indah,” Kangkung ini siap panen hari ini, dan Sayur-sayuran Kangkung ini, kami menanam benihnya Kangkung” hingga panen, cukup hanya 1 bulan saja, Ucap Indah.

Ada juga menanam Kangkung dengan cara Aqua Phoenix, yang artinya bibit Kangkung yang sudah terlihat daunnya, dan dilanjutkan kita tanam dengan cara memakai gelas Aqua, dan disertai oleh sebuah pipa, diantaranya oleh guyuran sirkulasi Air.

Kemudian sayuran Bayam, sebulan yang lalu juga telah panen. Nah ini sudah mengembang lagi sekitar 2 mingguan.

Serta disusul dengan Leunca atau disebut juga “lalapan, itupun juga bisa diambil buahnya, yang terlihat dibatang pohon.

Kemudian Obat-obatan (Toga), seperti andeline, kalau kita luka-luka cukup diolehkan daunnya. Terdapat pula Kencur, Lavender, buah Anggur dan jenis tanaman lainnya.

Pengembangan ini, menurut H Alex selaku penasehat RW 05, ketika dikutip beberapa bulan lalu, tetap kita tingkatkan lagi. Baik H. Alex dan Hj Ida hal serupa, yang Ia sampaikan.

Mereka berdua adalah pendorong penuh, dan mengembangkannya, hingga terpetik hasilnya yang gemilang.

menurut H. Masgawi selaku Ketua RT 011, RW 05. Pengembangan ini diwarisi oleh Ketua RW 05 sebelumnya yakni Imammudin. Ketua RW 05 penerusnya, adalah H. Toha, yang telah mengembangkannya hingga saat ini.

Saya senang sekali dan berjalan dengan baik, berkat H. Alex dan team, juga ia yang berkontribusi tentang Proklim ini.

Tentunya hal Proklim ini, membuat suatu kebanggaan bagi Kelurahan Cibubur. Yang saling melengkapi khususnya di wilayah Ciracas, dan untuk Kecamatan Ciracas, serta masyarakat DKI jakarta.

 

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug Boyolali, Gerbanginterview - Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, dengan tulus...

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa – Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng.

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa - Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng. SEMARANG,Gerbanginterview – Polda...

Kapolres Boyolali Pimpin Pengecekan Pengamanan PSU di Desa Kadireso

Desa Kadireso Gelar PSU, Polres Boyolali Lakukan Pengecekan Keamanan Boyolali, Gerbanginterview - Dalam upaya untuk memastikan kelancaran Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara...

Kematian

Kematian .... kematian adalah takdir seluruh makhluk, manusia ataupun jin, hewan ataupun makhluk-makhluk lain, baik lelaki atau perempuan, tua ataupun muda, baik orang sehat ataupun...

Kepolisian Sektor Cepogo Tanggap Cepat Terhadap Kejadian Tanah Longsor

Kepolisian Sektor Cepogo Tanggap Cepat Terhadap Kejadian Tanah Longsor Boyolali, Gerbanginterview - Kepolisian Sektor Cepogo memberikan respon cepat terhadap kejadian tanah longsor yang menghalangi akses...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug Boyolali, Gerbanginterview - Kapolres Boyolali, AKBP...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This