Minggu, Februari 5

Gitaris Rock Legendaris Jeff Beck Tutup Usia 78 tahun

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Inggris, Gerbanginterview.com – Beck menjadi terkenal dengan The Yardbirds sebelum memimpin Jeff Beck Group dan terjun ke musik jazz-fusion yang dia rintis, (13/1/2023).

Jeff Beck, gitaris terkenal yang bermain dengan Yardbirds dan memimpin Grup Jeff Beck, telah meninggal dunia pada usia 78 tahun, perwakilannya telah mengkonfirmasi.
Beck meninggal pada hari Selasa setelah “tiba-tiba tertular meningitis bakteri”, perwakilan tersebut mengkonfirmasi.

“Keluarganya meminta privasi sementara mereka memproses kehilangan yang luar biasa ini,” tambah mereka.

Sering digambarkan sebagai salah satu gitaris terhebat sepanjang masa, Beck yang jari dan ibu jarinya terkenal diasuransikan seharga £7 juta dikenal sebagai inovator yang tajam.

Dia memelopori jazz-rock, bereksperimen dengan efek fuzz dan distorsi dan membuka jalan bagi subgenre yang lebih berat seperti psych rock dan heavy metal selama kariernya.

Dia adalah pemenang Grammy delapan kali, penerima Ivor Novello untuk kontribusi luar biasa pada musik Inggris dan dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame baik sebagai artis solo maupun sebagai anggota Yardbirds.

Musisi dan teman lama mulai memberikan penghormatan beberapa menit setelah berita itu tersiar. Di Twitter, Jimmy Page menulis,

“Prajurit bersenar enam tidak lagi di sini bagi kita untuk mengagumi mantra yang bisa dia rangkai di sekitar emosi fana kita.

Jeff bisa menyalurkan musik dari halus. Tekniknya unik. Imajinasinya tampaknya tidak terbatas. Jeff, aku akan merindukanmu bersama dengan jutaan penggemarmu.”

Dengan kematian Jeff Beck, kami telah kehilangan pria yang luar biasa dan salah satu pemain gitar terhebat di dunia,” tulis Mick Jagger. “Kita semua akan sangat merindukannya.”

Rod Stewart, yang melakukan tur dengan Jeff Beck Group di akhir tahun 60-an, memanggilnya “salah satu dari sedikit gitaris yang ketika bermain live benar-benar mendengarkan saya bernyanyi dan merespons … Anda adalah yang terhebat, teman saya. Terimakasih untuk semuanya.

Gene Simmons menyebutnya “berita memilukan… tidak ada yang bermain gitar seperti Jeff. Silakan dapatkan dua album pertama Jeff Beck Group dan lihatlah kehebatannya. MENINGGAL DUNIA.”

Sekarang Jeff telah pergi, saya merasa seperti salah satu saudara laki-laki saya telah meninggalkan dunia ini, dan saya akan sangat merindukannya, ”tweet Ronnie Wood.

Ozzy Osbourne tweeted, “Saya tidak bisa mengungkapkan betapa sedihnya saya mendengar kematian Jeff Beck. Sungguh kehilangan yang mengerikan bagi keluarganya, teman & banyak penggemarnya.

Merupakan suatu kehormatan untuk mengenal Jeff dan suatu kehormatan luar biasa untuk membuatnya bermain di album terbaru saya.

David Gilmour dari Pink Floyd menulis, “Saya sangat terpukul mendengar berita kematian teman dan pahlawan saya Jeff Beck, yang musiknya telah menggetarkan dan menginspirasi saya dan banyak orang lain selama bertahun-tahun… Dia akan selamanya ada di hati kami.

Johnny Marr memanggilnya “pelopor dan salah satu yang terhebat sepanjang masa”, sementara David Coverdale dari Whitesnake menulis, “Oh, My Heart … RIP, Jeff … aku sudah merindukanmu”.

Dave Davies dari The Kinks men-tweet, “Saya sedih dia terlihat dalam kondisi yang baik bagi saya. Bermain hebat dia dalam kondisi sangat baik.

Saya kaget dan bingung… tidak masuk akal saya tidak mengerti. Dia adalah teman baik dan pemain gitar yang hebat.”

Banyak gitaris terkenal memberi penghargaan atas kehebatan dan pengaruh Beck. Billy Gibbons dari ZZ Top menggambarkan Beck sebagai “jiwa yang menakjubkan” yang “mampu menunjukkan kepada saya bagaimana cara bermain gitar ini harus didekati”.

Vernon Reid dari Living Colour mengatakan “selalu ada ruang baginya untuk tumbuh”, sementara Joe Perry dari Aerosmith menggambarkannya sebagai “gitar Salvador Dali”.

“Jeff Beck adalah punk rock sebelum punk ada dan salah satu pemain gitar paling inventif sepanjang masa,” tulis The Edge dari U2.

“Dia menetapkan standar yang sangat tinggi bagi kita semua yang mengikuti. Legendanya akan terus hidup.”

Brian May dari Queen berkata bahwa dia “putus asa” mendengar berita tersebut: “Dia adalah Guv’nor. Dia tak ada bandingannya, tak tergantikan – puncak mutlak permainan gitar. Dan manusia yang sangat baik.

Beck lahir Geoffrey Beck pada tahun 1944, di Wallington, London selatan. Sebagai seorang anak, dia bernyanyi di paduan suara gereja, dan mulai bermain gitar saat remaja, mendapatkan alat musik pertamanya setelah mencoba menipu toko musik dengan skema sewa-beli.

“Ada orang ini, dia belum cukup umur untuk menjadi ayah saya tetapi dia menawarkan untuk menjadi penjamin saya. Dia berkata, ‘Saya akan memberi tahu mereka bahwa saya ayah tirimu’, “katanya kepada New Statesman pada tahun 2016.”

Dalam sebulan, mereka mengatakan bahwa dia tidak ada hubungannya dengan saya sama sekali dan mereka mengambil gitar itu kembali.

Ayah saya ikut serta dan menjelaskan bahwa kami tidak mampu membelinya,  jadi mereka membebaskan sisa pembayaran dan saya mendapatkan gitar itu.

Pada tahun 1968, Beck merilis Truth, album solo debutnya, yang menggunakan blues dan hard rock untuk membentuk versi prototipikal dari heavy metal.

Satu tahun kemudian, dia merilis album dengan Grup Jeff Beck, Beck-Ola tetapi karir solonya tergelincir setelah dia mengalami cedera kepala dalam kecelakaan mobil.

Pada tahun 1970, setelah pulih dari patah tulang tengkoraknya, Beck membentuk inkarnasi baru dari Jeff Beck Group, dan merilis dua rekaman,- Rough and Ready tahun 1971 dan Jeff Beck Group tahun 1972 – yang menampilkan upaya awalnya ke dalam suara jazz fusion yang kemudian dikenalnya. untuk.

Pada pertengahan 70-an, Beck mendukung grup jazz-rock John McLaughlin Mahavishnu Orchestra dalam tur, sebuah pengalaman yang secara radikal mengubah cara dia melihat musik.

“Menonton [McLaughlin] dan pemain saksofon berdagang solo, saya berpikir, ‘Ini saya’,” katanya pada tahun 2016.

Terinspirasi, Beck merangkul jazz fusion sepenuhnya pada Blow By Blow yang diproduksi oleh George Martin. Hit penjualan platinum di AS yang memuncak di No 4, itu adalah album Beck yang paling sukses secara komersial, tetapi dia kemudian menyatakan penyesalannya.

“Saya seharusnya tidak melakukan Blow By Blow,” katanya kepada Guitar Player pada tahun 1990. “Saya berharap saya tetap dengan rock’n’roll yang bersahaja.

Saat Anda dikelilingi oleh orang-orang yang sangat musikal seperti Max Middleton dan Clive Chaman, Anda berada di penjara, dan Anda harus bermain bersama dengan itu.

Terlepas dari perasaannya kemudian tentang Blow By Blow, Beck terus bereksperimen sepanjang tahun 70-an, merilis album jazz fusion dengan penjualan platinum lainnya, Wired, pada 1976, dan There and Back, pada 1980.

Musisi lain yang memberi penghormatan kepada Beck termasuk Brian Wilson dari Beach Boys, yang menulis bahwa dia adalah “pemain gitar jenius”. Billy Idol menggambarkannya sebagai “luhur”, dan berkata bahwa dia “senang saya masih hidup untuk mendengarnya bermain.” Stevie Van Zandt menyebut Beck sebagai “pengaruh besar” dan “sumber kegembiraan yang tak terbatas sepanjang hidup saya”.

Joe Satriani berkata bahwa Beck adalah “seorang jenius, orisinal yang menakjubkan”. “Dia adalah pemain gitar yang luar biasa dengan lebih banyak cara untuk membuat Anda berkata, ‘WTF apakah itu?’ daripada orang lain. Dia sangat berbakat, dan tidak pernah berhenti berinovasi pada instrumen.”

Artikel ini diubah pada 12 Januari 2023. Sandra Cash adalah istri kedua Beck, bukan yang keenam seperti yang dikatakan versi sebelumnya; dan Beck-Ola dirilis pada 1969, bukan 1971.
Sumber: The Guardian/Trankonmasi/red.GI/Haris Nursasongko

Share.

About Author

Leave A Reply

id_IDIndonesian