Ngeri, Sampah Menumpuk ditepi Sungai Desa Sidorejo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang, menjadi 1 sorotan tajam

Must Read
- Advertisement -

Ngeri, Sampah Menumpuk ditepi Sungai Desa Sidorejo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang, menjadi sorotan.

Gerbangi terview – Ngeri Sampah Menumpuk ditepi Sungai Desa Sidorejo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang, menjadi sorotan.

Magelang, Pada bulan Januari 2023 lalu keberadaan tumpukan sampah di dekat Kali Kruyo utara Dusun Jetak, Desa Sidorejo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang mendapat sorotan. Selanjutnya pihak Pemerintah Desa Sidorejo menyikapi dengan membersihkan sampah tersebut dan memasang papan larangan membuang sampah.

Ngeri sampah menumpuk

Kini kembali Desa Sidorejo disorot terkait hal yang sama, bahkan banyak pihak menilai dengan nada miring, pasalnya sudah terpasang larangan di lokasi tumpukan sampah. Sejak dipasang papan larangan tersebut, semakin hari semakin bertambah tumpukan sampah di ujung jembatan Kali Gleyor selatan Dusun Jetak tersebut.

Seorang pemerhati lingkungan, Sastro Lelono (56) menyayangkan banyaknya warga masyarakat Desa Sidorejo membuang sampah sembarangan. Apalagi sampah yang sebagian besar dalam tas plastik tersebut berceceran dan masuk ke Kali Gleyor di bawah jembatan.

“Perlu ada tindakan tegas dari pihak Pemerintah Desa Sidorejo, karena ini jelas ada unsur kesengajaan. Itu dalam larangan yang dipasang disebutkan tentang Perda Kabupaten Magelang yang menyebutkan ada sanksi denda pidana,” ujar warga Tempuran yang setiap hari melintasi lokasi tumpukan sampah itu.

Dalam banner larangan yang dipasang tertulis sanksi terkait membuang sampah sembarangan, yaitu Perda (Kabupaten Magelang) Nomor 7 Tahun 2007. Yang menyebutkan sanksi denda pidana kurungan 3 (tiga) bulan dan/atau denda paling tinggi Rp 50.000.000.

Sastro berharap pihak Kecamatan Bandongan juga memberi atensi terkait kepedulian lingkungan utamanya di Desa Sidorejo itu.

“Desa Sidorejo ini memiliki potensi wisata yang menarik di Dusun Jetak. Kebanyakan pengunjung tempat wisata Pasar Kebon Watu Gede melintasi jalan ini, jadi ya saya kira saru dan tidak etis dipandang mata,” ujarnya.

Dari pantauan media ini, sesekali tampak warga membuang sampah saat pagi atau sore hari. Tidak hanya satu dua bungkusan sampah, namun sering beberapa bungkus menggunakan sepeda motor dan dengan tanpa malu membuang di lokasi itu. (Red.GI/002)

JPU Tuntut Terdakwa Rudy Derwawan Muliadi 8 Bulan Penjara Dengan Perintah Ditahan

JPU Tuntut Terdakwa Rudy Derwawan Muliadi 8 Bulan Penjara Dengan Perintah Ditahan JAKARTA,Gerbanginterview - Sidang lanjutan perkara pencemaran nama baik yang dilakukan terdakwa Rudy Dermawan...

Satlantas Polres Pekalongan dan Tim Gabungan Gelar Pemeriksaan Laik Jalan Angkutan Wisata

Satlantas Polres Pekalongan dan Tim Gabungan Gelar Pemeriksaan Laik Jalan Angkutan Wisata PEKALONGAN, gerbanginterview - Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Joko Supriyanto, S.H., hari ini,...

Polemik Study Tour Bagi Siswa Sekolah.

Polemik Study Tour Bagi Siswa Sekolah. PEKALONGAN, gerbanginterview - Polemik pelaksaan study tour yang dilakukan di beberapa sekolah baik tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK...

APTIKNAS Kembali Ikut Sukseskan Taiwan Expo 2024 di JCC

APTIKNAS Kembali Ikut Sukseskan Taiwan Expo 2024 di JCC JAKARTA, gerbanginterview - Event akbar Taiwan Expo 2024 kembali digelar oleh Taiwan International Trade Administration (TITA)...

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Adakan Pendidikan Politik

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Adakan Pendidikan Politik. Pekalonnga, gerbanginterview - Dalam rangka pendidikan politik dan penguatan demokrasi guna keberlanjutan pesta demokrasi tahun 2024 Wakil...
- Advertisement -spot_img
Latest News

JPU Tuntut Terdakwa Rudy Derwawan Muliadi 8 Bulan Penjara Dengan Perintah Ditahan

JPU Tuntut Terdakwa Rudy Derwawan Muliadi 8 Bulan Penjara Dengan Perintah Ditahan JAKARTA,Gerbanginterview - Sidang lanjutan perkara pencemaran nama baik...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This