Bacaan Sholawat dan Berebut Buah Hiasi Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Desa Terosan

Must Read
- Advertisement -

SAMPANG | gerbanginterview.com – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu yang diperingati umat Islam tiap tahunnya pada 12 Rabiulawal.

Maulid Nabi Muhammad juga dinilai sebagai suatu pesan untuk membangun serta menciptakan perdamaian sesama manusia.

Untuk menyemarakkan, peringatan tersebut dilakukan dengan berbagai macam tradisi yang berbeda di setiap daerah.

Salah satunya seperti warga Dusun Ratah, Desa Terosan, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di meriahkan dengan pembacaan sholawat hingga berebut buah-buahan. Sabtu (08/10/2022).

 Warga setempat, Muniri mengaku senang dengan peringatan Maulid Nabi yang digelar setiap setahun sekali. “Kegembiraan ini juga dirasakan oleh masyarakat, sebagai bukti cinta kepada Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.

Menurutnya, tradisi peringatan Maulid Nabi di kampungnya ini sangat meriah. Antusias masyarakat menunjukkan akan kecintaan kepada sang Rosul.

“Masyarakat antusias dengan membaca sholawat Maulid Nabi bersama-sama. Setelah itu, sebagai rasa syukur warga pun merebut buah-buahan yang telah disediakan,” tandasnya.

Tradisi yang digelar di Desa Terosan  tersebut juga dikagumi oleh warga kalimantan, yang saat itu Mudik kerumah familinya dan menyaksikan perayaan Maulid Nabi.

“Kami sangat kagum dengan warga Madura mas,. Perayaan Maulid Nabi yang digelar sangat meriah,” ungkap Yani dan Yana, warga Kalimantan kepada gerbanginterview.com.

Bahkan, dirinya sangat kagum atas kekompakan warga madura yang pindah-pindah dari rumah satu ke rumah lainnya untuk membaca sholawat.

“Kagum dengan kekompakan warga Madura. Pindah-pindah dari rumah ke rumah untuk membaca sholawat kepada sang Nabi. Uniknya, setiap rumah disediakan berbagai buah-buahan untuk warga yang datang, ” pungkasnya.

Reporter : Mansur

Sat Binmas Polres Pekalongan Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba kepada Tukang Ojek

Sat Binmas Polres Pekalongan Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba kepada Tukang Ojek PEKALONGAN, gerbanginterview - Sat Binmas Polres Pekalongan melaksanakan penyuluhan bahaya narkoba kepada tukang ojek...

PERATIN Resmi Angkat Advokat Perdana Angkatan Pertama

PERATIN Resmi Angkat Advokat Perdana Angkatan Pertama JAKARTA, Gerbanginterview - Perkumpulan Advokat Teknologi Informasi Indonesia (PERATIN) mulai mencetak Advokat yang dibekali tambahan wawasan di...

Area Wisata Gunung Kemukus Harus Bersih dari Ajang Prostitusi dan Karaoke.

Area Wisata Gunung Kemukus Harus Bersih dari Ajang Prostitusi dan Karaoke. Sragen, gerbanginterview - Tempat wisata Gunung Kemukus merupakan salah satu destinasi wisata yang berada...

Polisi Polres Boyolali berhasil Tangkap Pelaku Pembunuhan Bos Tembaga Boyolali, kurang dari 24 jam.

Polisi Polres Boyolali berhasil Tangkap Pelaku Pembunuhan Bos Tembaga Boyolali, kurang dari 24 jam. BOYOLALI, Gerbanginterview - Jajaran Satreskrim Polisi Polres Boyolali bersama Jatanras Polda...

Polres Pekalongan Intensifkan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Polres Pekalongan Intensifkan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba PEKALONGAN, gerbanginterview - Dalam rangka pemberantasan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya di masyarakat, Polres Pekalongan gencar menyampaikan himbauan...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Sat Binmas Polres Pekalongan Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba kepada Tukang Ojek

Sat Binmas Polres Pekalongan Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba kepada Tukang Ojek PEKALONGAN, gerbanginterview - Sat Binmas Polres Pekalongan melaksanakan penyuluhan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This