Musholla Cakraningrat di Keraton Gebang Punya Histori Sejarah

Must Read
- Advertisement -
Cirebon – Dikelilingi pohon yang rindang, berukuran mungil, Musholla Cakraningrat tampak kokoh dan indah berdiri di halaman depan Keraton Gebang, (14/10/2022).
Keraton
Pembangunan Mushollah di Mulai.

Keraton Gebang merupakan bangunan masa lalu, percisnya sudah beberapa abad. Bangunan yang berbentuk rumah adat yang besar dan berhalaman luas.

Keraton Gebang beralamat di desa Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pemilik Keraton Gebang adalah keluarga Elang Purnomo.

IMG 20221014
Ketika Sutomo tinjau lokasi sebelum Musholla di Renovasi.

Hari Rabu 3 Nopember 2021, merupakan pertama kali,’ kami (saya dan sahabat) silaturrahim berkunjung di Keraton Gebang, yang disambut dan diterima langsung oleh keluarga Elang Purnomo dengan ramah.

Elang Purnomo mengatakan, bahwa Keraton Gebang secara silsilah keluarga, masih memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan Keraton Kanoman Cirebon.

Banyak hal yang disampaikan Elang Purnomo kepada kami, tentang Keraton dan keluarga keraton. Sambil bercerita, Elang Purnomo, mengajak kami berjalan-jalan untuk melihat lingkungan Keraton Gebang.

Sutomo dan Elang Purnomo.

Sampai di halaman depan keraton, kami ditunjukkan pada bangunan lama, yang kondisinya sudah rusak dan rapuh tutur Elang Purnomo.

Ia menjelaskan bahwa, bangunan tersebut dulunya adalah musholla, dan sudah lama tidak dipergunakan untuk kegiatan ibadah (shalat), karena rusak.

Di sela ceritanya, Elang Purnomo menyampaikan dan meminta kepada kami, bila berkenan, kami diajak bersama-sama membiayai dan gotong royong dengan keluarga Elang Purnomo, untuk memperbaiki (merenovasi) musholla yang rusak tersebut.

Keraton
Warga bahu membahu bangun renovasi Musholla.

Ornamen bangun ini, agar bisa dipergunakan kembali untuk kegiatan ibadah (shalat). Saat itu kami baru menjawab dengan insyaa Allah.

Kelanjutan daripada ajakan bersama sama, gotong-royong memperbaiki (merenovasi) musholla, kami bicarakan kembali, pada kunjungan silaturrahim kami yang kedua ke Keraton Gebang pada tanggal 19 Desember 2021.

Akhirnya, dengan musyawarah, kami dan keluarga Elang Purnomo Keraton Gebang, sepakat untuk bersama-sama membiayai, dan gotong royong merenovasi musholla.

Hingga sekaligus merencanakan renovasi musholla, dimulakan pada Minggu 2 Januari 2022. Pada saat musyawarah ini pula, keluarga Elang Purnomo, menyampaikan dan meminta kepada kami untuk memberi nama musholla.

Setelah mendapatkan persetujuan dari sahabat dan keluarga Elang Purnomo, Saya (Sutomo) memberi nama musholla di Keraton Gebang yaitu “Cakraningrat”.

Yang bermakna sebagai doa dan harapan, semoga musholla kokoh berdiri, terus bergerak dan berputar, dalam arti senantiasa terus bisa,’menjadi sarana dan tempat ibadah yang baik dan bermanfaat.

Sesuai rencana, pada hari Minggu 2 Januari 2022, renovasi musholla dimulai. Kami beserta keluarga Elang Purnomo Keraton Gebang, dan beberapa warga sekitar Keraton, setiap hari gotong royong dari jam 07.00 – 17.00 WIB.

Akhirnya, setelah dikerjakan sekira waktu 21 hari, renovasi musholla pun selesai. Sebelum dipergunakan untuk sarana ibadah (shalat), Keluarga Elang Purnomo Keraton Gebang, pada hari Rabu tanggal 2 Pebruari 2022.

Kemudian di lanjut mengadakan acara Peresmian Musholla Cakraningrat, dengan mengundang dan dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, yaitu kepala desa Gebang Kulon, Ketua sesepuh Gebang, dan warga sekitar Keraton Gebang.

Dalam acara Peresmian Musholla Cakraningrat, Saya (Sutomo) mewakili Keluarga Purnomo Keraton Gebang, dan para undangan, didaulat untuk memotong pita, tanda peresmian dan pembukaan Musholla Cakraningrat.

Setelah acara Peresmian dan Pembukaan Musholla Cakraningrat selesai, kami dan keluarga Elang Purnomo Keraton Gebang, mengadakan acara sosial, dengan berbagi (shodaqoh) uang untuk orang yang berhak menerima di sekitar Keraton Gebang.

Alhamdulillah, mengucap syukur kepada Allah, dengan berdirinya Musholla Cakraningrat, para tamu dan pengunjung yang datang ke Keraton Gebang, tidak perlu ke luar area Keraton lagi, guna mencari masjid atau musholla untuk menunaikan shalat, bila waktu shalat telah tiba.

Sutomo adalah Penggagas Rumah Sedekah, dan Penggerak Gotong Royong pembangunan Musholla Berdikari di Rumah Sejarah Rengasdengklok Karawang, yang sebelumnya pernah diberitakan di media ini juga.

 

Tak Jadi Gunakan Sistem Komandante, Caleg PDI-P Peraih Suara Terbanyak Bisa Dilantik

Tak Jadi Gunakan Sistem Komandante, Caleg PDI-P Peraih Suara Terbanyak Bisa Dilantik Jakarta, Gerbanginterview - Hiruk pikuk terkait sejumlah caleg PDI-P dari Jawa Tengah (Jateng)...

Tanggapan PT.HAI Terkait Tuntutan Warga Desa Wangandowo Kabupaten Pekalongan. (Humas : Minta waktu 3 Minggu)

Tanggapan PT.HAI Terkait Tuntutan Warga Desa Wangandowo Kabupaten Pekalongan. (Humas : Minta waktu 3 Minggu) Pekalongan, gerbanginterview - Atas musibah banjir Bandang yang dialami warga...

Jabatan Dandim 0714/Salatiga Resmi Diserah Terimakan Dari Letkol Inf Ade Pribadi Siregar,.S.E,.M,Si Kepada Letkol Inf Guvta Alugoro Koedoes

Jabatan Dandim 0714/Salatiga Resmi Diserah Terimakan Dari Letkol Inf Ade Pribadi Siregar,.S.E,.M,Si Kepada Letkol Inf Guvta Alugoro Koedoes SALATIGA, gerbanginterview - Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf...

Pengusaha Bus Pekalongan Dukung Irjen Pol Ahmad Luthfi Maju Dalam Pemilihan Gubernur Jateng 2024

Pengusaha Bus Pekalongan Dukung Irjen Pol Ahmad Luthfi Maju Dalam Pemilihan Gubernur Jateng 2024 Pekalongan, gerbanginterview -Dukungan untuk Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi...

Dirlantas Sebut Sejumlah Kebijakan Kapolda Jateng Mampu Turunkan Jumlah Laka Lantas Selama Ops Ketupat Candi 2024

Dirlantas Sebut Sejumlah Kebijakan Kapolda Jateng Mampu Turunkan Jumlah Laka Lantas Selama Ops Ketupat Candi 2024 Semarang- gerbanginterview - Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Tak Jadi Gunakan Sistem Komandante, Caleg PDI-P Peraih Suara Terbanyak Bisa Dilantik

Tak Jadi Gunakan Sistem Komandante, Caleg PDI-P Peraih Suara Terbanyak Bisa Dilantik Jakarta, Gerbanginterview - Hiruk pikuk terkait sejumlah caleg...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This