Bacaan Sholawat dan Berebut Buah Hiasi Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Desa Terosan

Must Read
- Advertisement -

SAMPANG | gerbanginterview.com – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu yang diperingati umat Islam tiap tahunnya pada 12 Rabiulawal.

Maulid Nabi Muhammad juga dinilai sebagai suatu pesan untuk membangun serta menciptakan perdamaian sesama manusia.

Untuk menyemarakkan, peringatan tersebut dilakukan dengan berbagai macam tradisi yang berbeda di setiap daerah.

Salah satunya seperti warga Dusun Ratah, Desa Terosan, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di meriahkan dengan pembacaan sholawat hingga berebut buah-buahan. Sabtu (08/10/2022).

 Warga setempat, Muniri mengaku senang dengan peringatan Maulid Nabi yang digelar setiap setahun sekali. “Kegembiraan ini juga dirasakan oleh masyarakat, sebagai bukti cinta kepada Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.

Menurutnya, tradisi peringatan Maulid Nabi di kampungnya ini sangat meriah. Antusias masyarakat menunjukkan akan kecintaan kepada sang Rosul.

“Masyarakat antusias dengan membaca sholawat Maulid Nabi bersama-sama. Setelah itu, sebagai rasa syukur warga pun merebut buah-buahan yang telah disediakan,” tandasnya.

Tradisi yang digelar di Desa Terosan  tersebut juga dikagumi oleh warga kalimantan, yang saat itu Mudik kerumah familinya dan menyaksikan perayaan Maulid Nabi.

“Kami sangat kagum dengan warga Madura mas,. Perayaan Maulid Nabi yang digelar sangat meriah,” ungkap Yani dan Yana, warga Kalimantan kepada gerbanginterview.com.

Bahkan, dirinya sangat kagum atas kekompakan warga madura yang pindah-pindah dari rumah satu ke rumah lainnya untuk membaca sholawat.

“Kagum dengan kekompakan warga Madura. Pindah-pindah dari rumah ke rumah untuk membaca sholawat kepada sang Nabi. Uniknya, setiap rumah disediakan berbagai buah-buahan untuk warga yang datang, ” pungkasnya.

Reporter : Mansur

Ngeri, miris, Tegang,…nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024.

Ngeri, miris, Tegang,...nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024. Gerbanginterview - Ngeri, menegangkan, Pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas...

Gelapkan Motor Teman di Alun-Alun Kajen, Pemuda ini Ditangkap Polres Pekalongan

Gelapkan Motor Teman di Alun-Alun Kajen, Pemuda ini Ditangkap Polres Pekalongan Pekalongan, gerbanginterview – Sat Reskrim Polres Pekalongan berhasil mengungkap kasus penggelapan sepeda motor. Tindak...

Polres Boyolali Gelar Doa Lintas Agama Guna Mewujudkan Keamanan dan Keadilan Dalam Negeri,

Polres Boyolali Gelar Doa Lintas Agama Guna Mewujudkan Keamanan dan Keadilan Dalam Negeri Boyolali, gerbanginterview - Polres Boyolali menggelar kegiatan doa bersama lintas agama sebagai...

Projo Sampang Sebut PT Jati Wangi Tak Layak Menang Lelang Preservasi Jalan Kedungdung-Bringkoning

SAMPANG | gerbanginterview.com - Jalan Kedungdung-Bringkoning mendapatkan kucuran dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN ) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat...

KPU Tetapkan Hasil Pemilu 2024, Polres Pekalongan Tingkatkan Patroli Harkamtibmas

KPU Tetapkan Hasil Pemilu 2024, Polres Pekalongan Tingkatkan Patroli Harkamtibmas Pekalongan, gerbanginterview - Antisipasi timbulnya gangguan kamtibmas dalam penetapan hasil Pemilu 2024, Polres Pekalongan menggelar...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Ngeri, miris, Tegang,…nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024.

Ngeri, miris, Tegang,...nonton laga Timnas U23 Indonesia lawan Timnas Korsel, di laga Piala Asia 2024. Gerbanginterview - Ngeri, menegangkan, Pertandingan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This