Senin, November 28

Bacaan Sholawat dan Berebut Buah Hiasi Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Desa Terosan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

SAMPANG | gerbanginterview.com – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu yang diperingati umat Islam tiap tahunnya pada 12 Rabiulawal.

Maulid Nabi Muhammad juga dinilai sebagai suatu pesan untuk membangun serta menciptakan perdamaian sesama manusia.

Untuk menyemarakkan, peringatan tersebut dilakukan dengan berbagai macam tradisi yang berbeda di setiap daerah.

Salah satunya seperti warga Dusun Ratah, Desa Terosan, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di meriahkan dengan pembacaan sholawat hingga berebut buah-buahan. Sabtu (08/10/2022).

 Warga setempat, Muniri mengaku senang dengan peringatan Maulid Nabi yang digelar setiap setahun sekali. “Kegembiraan ini juga dirasakan oleh masyarakat, sebagai bukti cinta kepada Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.

Menurutnya, tradisi peringatan Maulid Nabi di kampungnya ini sangat meriah. Antusias masyarakat menunjukkan akan kecintaan kepada sang Rosul.

“Masyarakat antusias dengan membaca sholawat Maulid Nabi bersama-sama. Setelah itu, sebagai rasa syukur warga pun merebut buah-buahan yang telah disediakan,” tandasnya.

Tradisi yang digelar di Desa Terosan  tersebut juga dikagumi oleh warga kalimantan, yang saat itu Mudik kerumah familinya dan menyaksikan perayaan Maulid Nabi.

“Kami sangat kagum dengan warga Madura mas,. Perayaan Maulid Nabi yang digelar sangat meriah,” ungkap Yani dan Yana, warga Kalimantan kepada gerbanginterview.com.

Bahkan, dirinya sangat kagum atas kekompakan warga madura yang pindah-pindah dari rumah satu ke rumah lainnya untuk membaca sholawat.

“Kagum dengan kekompakan warga Madura. Pindah-pindah dari rumah ke rumah untuk membaca sholawat kepada sang Nabi. Uniknya, setiap rumah disediakan berbagai buah-buahan untuk warga yang datang, ” pungkasnya.

Reporter : Mansur

Share.

About Author

Leave A Reply

id_IDIndonesian