Enam Desa di Banyuates Lantik BPD Periode 2022-2028

Must Read
- Advertisement -
IMG 20220714 WA0032 e1657805292768
Khidmat! BPD dari enam desa di Kecamatan Banyuates di Lantik (Doc. Mansur/GI)

SAMPANG | gerbanginterview.com – Enam desa di Kecamatan Banyuates menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2022-2028 di Pendopo Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Kamis (15/07/2022).

Keenam desa tersebut meliputi, Desa Planggaran Timur, Desa Tolang, Desa Lar Lar, Desa Nepa, Desa Batioh dan Desa Trapang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, dari Dinas DPMD Kabupaten Sampang, Kapolsek dan Danramil Banyuates, PJ Desa Planggaran Timur, PJ Desa Tolang , PJ Desa Lar Lar, PJ Desa Nepa, Desa Batioh, PJ Desa Trapang, serta tamu undangan.

Camat Banyuates, Fajar Sidik menjelaskan, dengan adanya pelantikan anggota BPD yang baru terpilih ini dilakukan secara bertahap bagi Desa yang sudah siap.

“Tidak harus 20 desa se Kecamatan Banyuates pelantikan BPD-nha bersamaan, agar tidak menunggu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,” kata Fajar

IMG 20220712 WA0056Sedangkan, Ahmad Fauzi selaku penyelenggara kegiatan menyampaikan sedikitnya ada (6) Desa di wilayah Kecamatan Banyuates yang melaksanakan pelantikan.

Yaitu Desa Planggaran Timur, Desa Tolang, Desa Lar Lar, Desa Nepa, Desa Batioh, Desa Trapang, Itulah ke enam Desa ini telah selesai melaksanakan pengisian anggota BPD,” ujarnya.

Dilokasi yang sama, Malik Amrullah Asisten 1 DPMD Kabupaten Sampang menegaskan, dalam undang-undang No. 6 Tahun 2014 Pasal 58 ayat 3 menyatakan Anggota BPD sebelum memangku jabatannya harus bersumpah dan berjanji secara bersama – sama di hadapan masyarakat yang akan menjalankan tugas dan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari rakyat ditetapkan secara demokratis.

“Kita berharap anggota BPD terpilih segera menyesuaikan diri dan bekerja, agar paham betul dengan situasi, kondisi, potensi maupun problematika, termasuk mengenai aspirasi yang ada di masyarakat,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Malik berharap anggota BPD juga harus selalu mengedepankan budaya jujur, dan keterbukaan di dalam bekerja melayani masyarakat.

“BPD sebagai lembaga formal yang punya peran strategis dalam mendorong transparansi, akuntabilitas, demokratisasi dan kesejahteraan warga, makanya harus mampu menjadi benteng dari budaya birokrasi yang tidak bersih serta dapat merumuskan indikator kinerja,” tegasnya.

Menurutnya, kekuatan BPD itu sendiri terletak pada kemampuan masing-masing. Dimana BPD memiliki hak bertanya dan konfirmasi terkait pembangunan desa.

“Sebagai gambaran apa saja program yang sudah berjalan dan yang belum maupun tidak dijalankan,” pungkasnya.

Reporter : Mansur

Di Rest Area 338 A, Kapolres Pekalongan Pantau Pemberlakuan One Way Saat Arus Balik Lebaran

Di Rest Area 338 A, Kapolres Pekalongan Pantau Pemberlakuan One Way Saat Arus Balik Lebaran Kajen, Gerbanginterview – Mulai hari Sabtu (13/04) pukul 15.00 wib...

Kurang dari 1×24 jam Pemuda yang Aniaya Teman Kencan Wanitanya Berhasil Ditangkap Polres Pekalongan

Kurang dari 1x24 jam Pemuda yang Aniaya Teman Kencan Wanitanya Berhasil Ditangkap Polres Pekalongan Kajen - gerbanginterview - Kurang dari 1x24 jam, Sat Reskrim Polres...

Kegiatan Forum Humas BUMN Membuat Perpecahan PWI atas UKW Liar

Kegiatan Forum Humas BUMN Membuat Perpecahan PWI atas UKW Liar Jakarta, Gerbanginterview - Forum Humas Badan Usaha Milik Negara (FH BUMN) baru-baru ini membuat kegiatan...

Dana BUMN 4,6 Miliar Seharusnya bisa Sertifikasi 4.200 Wartawan

Dana BUMN 4,6 Miliar Seharusnya bisa Sertifikasi 4.200 Wartawan Jakarta, Gerbanginterview - Kasus pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) oleh Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerjasama...

Polres Boyolali Berhasil Amankan Miras dan Penjualnya

Polres Boyolali Berhasil Amankan Miras dan Penjualnya BOYOLALI,Gerbanginterview – Polres Boyolali Tim Gabungan Satreskrim, Satresnarkoba dan Polsek Musuk melakukan penertiban penjual miras di warung angkringan...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Di Rest Area 338 A, Kapolres Pekalongan Pantau Pemberlakuan One Way Saat Arus Balik Lebaran

Di Rest Area 338 A, Kapolres Pekalongan Pantau Pemberlakuan One Way Saat Arus Balik Lebaran Kajen, Gerbanginterview – Mulai hari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This