Meksiko Sedang Dilanda Kekeringan Air Sepanjang Hari

Must Read
- Advertisement -
Meksiko – Ini penjarahan’: Meksiko sangat membutuhkan air sementara perusahaan minuman menggunakan miliaran liter, (29/7/2022).

Saat kekeringan melanda kota-kota seperti Monterrey, orang-orang mengantri dengan ember untuk air payau. Tapi CocaCola dan perusahaan lain masih mengambil air tanah.

Truk air parkir di satu blok, 10 menit berjalan kaki menanjak dari rumah Rocio Vega Morales, paling lama 15 menit.

Dia tidak tahu jam berapa pipa akan tiba di lingkungannya, mengantarkan air yang dia dan keempat anaknya butuhkan untuk mandi, mencuci piring, dan menyiram toilet. Bisa jadi saat dia sedang bekerja, atau di tengah malam.

Kekeringan di Meksiko Utara berarti keran kering di kota Monterrey sehingga pipas, yang terutama dijalankan oleh otoritas kota, adalah satu-satunya cara untuk menyalurkan air ke rumah dan bisnis.

Karena orang-orang yang tidak mampu membeli air kemasan minum air payau dari truk, kemarahan tumbuh di sini karena perusahaan minuman dengan pabrik pembotolan di sini, termasuk Coca Cola dan Heineken, mengambil miliaran liter air dari waduk umum.

Beberapa perusahaan pembuat bir dan minuman ringan memiliki pabrik di kota, dan pabrik ini menggunakan total hampir 90 miliar liter per tahun, dan lebih dari setengahnya – hampir 50 miliar liter per tahun (atau 50 juta meter kubik) – adalah air dari waduk umum.

Vega Morales tinggal di daerah berpenghasilan rendah di Monterrey; salah satu kota terbesar di Meksiko, di negara bagian Nuevo Leon, memiliki populasi lebih dari lima juta. Tidak ada air mengalir di rumah selama lebih dari sebulan.

Kebanyakan truk tidak membawa air minum kadang berwarna coklat atau ada serangga di dalamnya. Vega Morales memiliki dua ember 20 liter untuk diisi setiap hari, dan sebagian besar digunakan di kamar mandi.

Saya tidak ingin sampai pada titik di mana kita tidak bisa menyiram toilet. Di situlah saya akan mulai merasa sangat menjijikkan,â katanya.

Anak-anak tidak mengerti ini yang paling sulit bagi mereka.

Musim panas ini sulit bagi keluarga: mereka harus membeli air minum di toko, dan harganya naik tiga kali lipat di masa lalu dua bulan.

Monterrey menghadapi krisis sanitasi karena mereka yang tidak mampu membeli air minum kemasan minum air yang tidak bersih dari pipa.

Meksiko menghadapi krisis air terburuk dalam 30 tahun karena waduk yang melayani sekitar 23 juta orang mengering.

Krisis iklim telah menyebabkan musim panas yang lebih panas secara konsisten, dan pola cuaca La Nina tahun ini, menciptakan kondisi yang sempurna untuk kekeringan terparah.

Beberapa kota kini telah mencapai nol perhari,’ intinya kelangkaan air kritis ketika persediaan habis.

Lebih dari separuh Meksiko menderita kekeringan, dan otoritas air nasional, Conagua, menyatakan keadaan darurat di empat negara bagian utara.

Foto-foto bersebelahan waduk Cerro Prieto di Nuevo Leon, diambil dari luar angkasa oleh NASA, menunjukkan warna hijau biru tua pada tahun 2015 dan apa yang tampak seperti gurun musim panas ini, seolah-olah waduk itu tidak pernah ada.

Tapi kekeringan belum berhenti perusahaan penggunaan air termasuk CocaCola dan Heineken menggunakan sumur pribadi untuk terus mengambil air tanah untuk jalur produksi mereka.

Bagaimana Anda menetapkan harga untuk air? Itu hak asasi manusia sekarang biaya air hampir sama dengan bensin.

Jaime Noyola, juru kampanye
Pada tanggal 18 Juli, presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, meminta perusahaan minuman untuk menghentikan produksi dan memberikan airnya kepada masyarakat.

Heineken mengatakan akan mengalokasikan 20% dari pasokannya untuk penggunaan umum; CocaCola mengundang masyarakat untuk mengambil air gratis dari pabrik air mineral TopoChico, tapi jaraknya terlalu jauh bagi sebagian besar penduduk.

Dalam beberapa pekan terakhir, para aktivis mempopulerkan ungkapan: No es sequia, es saqueo (Ini bukan kekeringan, ini penjarahan).

Jaime Noyola, direktur Aliansi Pengguna Layanan Publik, mengatakan organisasinya memperkirakan krisis empat bulan lalu. Kelompok kepentingan umum secara teratur melakukan protes di luar gedung-gedung pemerintah.

Mereka menuduh bahwa para pemimpin lokal, termasuk gubernur negara bagian Nuevo Leon, Samuel Garca, secara langsung mengambil keuntungan dari penggunaan air perusahaan minuman.

Dari perilaku perusahaan, kami tidak melihat apa pun yang menunjukkan mereka akan menyerahkan (air) secara sukarela, kata Noyola.

Dan di pihak pemerintah lokal dan negara bagian, ada krisis ketidakmampuan, dan mereka menyalahkan semua orang kecuali diri mereka sendiri.

Aliansi ini menyerukan pencopotan direktur air Monterrey dan drainase, Juan Ignacio Barrag¡n, karena konflik kepentingan.

Keluarga Barrag¡n“ yang merupakan salah satu yang terkaya di Meksiko mendirikan salah satu minuman botol CocaCola, Arca Continental.

Dalam pernyataan bersama, Arca Continental dan CocaCola Company menekankan bahwa Sektor industri Monterrey hanya mengkonsumsi 4!% air umum di negara bagian Nuevo Leon. Namun, ini tidak termasuk sumur pribadi.

Meskipun sekelompok perusahaan minuman, termasuk Arca Continental dan CocaCola, secara kolektif berjanji untuk menyerahkan 28% air.

Air yang mereka gunakan saat kekeringan berlanjut, perusahaan tidak sebutkan penurunan harga air minum penting yang mereka jual.

Bagaimana Anda menetapkan harga untuk air? Itu hak asasi manusia, kata Noyola. Namun perusahaan-perusahaan tersebut, yakni CocaCola, dalam menjual air minum di dalam kemasan sebagai satu-satunya sumber air minum, telah mewajibkan produknya.

Sekarang harga air hampir sama dengan bensin.

Meksiko adalah konsumen air minum kemasan per kapita terbesar di dunia. Noyola menambahkan: Bahkan jika mereka menghentikan produksi, mereka masih menjual produk mereka sementara orang-orang menderita dan infeksi menyebar (dari orang-orang yang meminum air dari pipa).

Krisis air telah memicu protes dan kekerasan di kelas karena daerah yang lebih kaya diberi kuota air yang lebih tinggi daripada daerah yang lebih miskin, dan masih memiliki air ledeng hingga 12 jam sehari.

Pada tanggal 16 Juli, penduduk dari dua pinggiran kota Monterrey yang miskin mengetahui,’bahwa sebagian dari air yang tersisa dari Reservoir terdekat akan dialihkan ke Kota.

Sebagai tanggapan, mereka memblokir di Jalan Raya dengan barikade mobil, ban, batu dan ranting pohon, membuat lalu lintas macet selama dua hari. Kemudian mereka membakar pipa air.

Saya tidak akan terkejut jika masyarakat berkumpul dan mulai membajak pipa, kata Noyola.

Dan Vega Morales menyimpulkan: Jika keadaan menjadi lebih buruk, saya tidak tahu bagaimana kita akan hidup seperti ini sampai bulan September.

Daftar untuk mendapatkan tampilan yang berbeda dengan buletin Global Dispatch kami kumpulan berita utama, kami dari seluruh dunia, bacaan yang direkomendasikan, dan pemikiran dari tim kami.

Tentang masalah pembangunan dan Hak Asasi Manusia yang utama, dikirimkan ke anda, kotak masuk setiap dua minggu sekali.

Sumber The Guardian/Gerbang Interview.
Editor; Redaksi.

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug Boyolali, Gerbanginterview - Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, dengan tulus...

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa – Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng.

Empat Tersangka Pengedaran Narkoba lintas Jawa - Sumatra Berikut Barang Bukti 52 Kg Sabu dan 35 Ribu Butir Ekstasi, ditangkap Polda Jateng. SEMARANG,Gerbanginterview – Polda...

Kapolres Boyolali Pimpin Pengecekan Pengamanan PSU di Desa Kadireso

Desa Kadireso Gelar PSU, Polres Boyolali Lakukan Pengecekan Keamanan Boyolali, Gerbanginterview - Dalam upaya untuk memastikan kelancaran Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara...

Kematian

Kematian .... kematian adalah takdir seluruh makhluk, manusia ataupun jin, hewan ataupun makhluk-makhluk lain, baik lelaki atau perempuan, tua ataupun muda, baik orang sehat ataupun...

Kepolisian Sektor Cepogo Tanggap Cepat Terhadap Kejadian Tanah Longsor

Kepolisian Sektor Cepogo Tanggap Cepat Terhadap Kejadian Tanah Longsor Boyolali, Gerbanginterview - Kepolisian Sektor Cepogo memberikan respon cepat terhadap kejadian tanah longsor yang menghalangi akses...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug

Kapolres Boyolali Sampaikan Rasa Duka Cita atas Meninggalnya Anggota KPPS TPS 06 Desa Gubug Boyolali, Gerbanginterview - Kapolres Boyolali, AKBP...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This