Rini Sosok Wanita Ulet, Giat Mngeluti Sampah Sehari Hari

Must Read
- Advertisement -
Jakarta – Rini merupakan wanita, yang dari sekian para ibu ibu lainnya. Rini merupakan inpirasi di bidang pengelolahan sampah tanpa mendapatkan upah, (24/8/2022).
Wanita
Rini Pelaku Bidang Pe?gelolahan Sampah.

Sosok ibu satu ini, yang seharusnya sebagai Ibu rumah tangga dirumah, akan tetapi sebalikya, Ia tidak pernah diam diri dilingkungannya RW 02, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Ketika Rini dijumpai oleh crew, dengan ramah Rini menerima dengan senang hati. Atas kedatangan kami. Rini menyampaikan pada kami, yang dilakukan aktifitas setiap harinya.

Rini pendiri Sampah Anggrek memaparkan mengenai sampah anggrek yang ia geluti bersama suami, pada awal berdirinya  Sampah Anggrek RW 02 pada tanggal 22 No,pember 2013 hingga sekarang saat ini,’ menurut Rini sampah di DKI Jakarta khususnya di Jakarta Timur Kecamatan Ciracas, wilayahnya dari RW 02.

Wanita
Data Pengelolaan Sampah.

Kalau ditanya sampah anggrek ada dimana, banyak kita ada dimana-mana disetiap RT pun ada.

Banyak keluhan mengenai masalah sampah, oleh karena itu, saya beserta suaminya menggagas untuk melakukan pengelolaan sampah sistem One Day Service.

Artinya kami tidak melakukan penjemputan sampah, akan tetapi, kami ada tolerasi seperti: bagi penderita sakit, kami akan melakukan penjumpatan di tempat.

Saya juga merasa prihatin dan bersedih Saya bingung dengan masyarakat lingkungan, masyarakatnya banyak mengatakan”. mana sampahnya kok nggak ada stoknya sampah.

Lah wong kalau mau lihat stock sampah di sana di Bantar Gebang… bukan di sini,… saya cuman mengelola saja, bukan mengumpulkan dengan sistem one day service langsung bersih ujar Rini.

Bila ada yang mau setor sampah saya akan kelola sistem antar jemput. Artinya kita langsung kirim ke Bantar Gebang. Kita tidak akan nunggu lama-lama sampah itu. Kita akan memilah-milah sampah, dan saya pada  saat limbah sampah akan dikirim.

Tetapi kalau ditanya di mana letaknya itu sampah berada?? Dan saya menjawab,.. sampah itu tidak ada di sini. Saya hanya mengelola saja bukan menyetock.

Sampah Anggrek, kita langganannya cukup banyak. Kisaran nadabah saya saya hanya sistem penampungan saja.

Itu saya kelola dengan jangka waktu satu hari. Pada penjemputan sampah pada hari Minggu sudah bersih.

Jadi kita ada tempat yaitu untuk pertemuan saja dan kelola sampah Anggrek ini saya juga

Ketika Rini ditanya baik dari lingkungan hidup maupun masyarakat sekitar akan tetapi kita ada kok untuk apa penampungan tetapi itu juga sifatnya juga

rumah atau bisa diantarkan langsung ke kami terang Rini.

Dengan keyakinannya menjadi bagian masyarakat dilingkungan RW 02, saya mempunyai tekad bulat, untuk mencarikan solusi tetkait masalah sampah, dan memang secara kebetulan saya Ketua BPS (bidang pengelolahan Sampah).di wilayah Ciracas dan Perbatasan Pasar Rebo.

Sampah yang selama ini dibuang langsung, kami hadir. Bank Sampah yang merupakan sampah-sampah itu bekas-bekasnya, bisa diberikan kepada kami. Dan akan kami bayarkan disesuaikan berat sampah itu.

terbantuknya adanya bank sampah, bank sampah itu merupakan yang bagi masyarakat atau warga dapat mengumpulkan sampah-sampah. Seperti plastik-plastik, puntung rokok dan bisa dibawa ke kami.

Tentunya kita lihat dari sisi berat sampah tersebut, dan hasil dari pengumpulan sampah ini, akan mendapatkan nilai tambahan uang.

Ialah dengan cara disesuaikan berat per kilonya seperti, pada umumnya’. bekas botol Aqua maupun Aqua gelas, plastik brkas makanan, dengan keadaan sampah itu sudah dibersihkan.

Sampah itu bisa diberikan kepada kami, akan tetapi limbah sampahnya dikumpulkan terlebih dahulu masing-masing, dan kemudian sistem kerjanya dari kami adalah,” kami tidak bisa stock barang/stay limbah sampah itu, tidak menginap di tempat kami. (ditampung).

Akan tetapi kami lakukan sampah sistem One day service artinya sampah dilakukan untuk pengumpulannya pada hari diantaranya hari Senin atau Sabtu atau Minggu.

Artinya limbah sampah tersebut tidak akan lama mengendap di kam,i akan tetapi secara langsung dikirim ke Bantar Gebang.

Lalu kemudian bagi yang mengumpulkan sampah akan mendapatkan uang, disesuaikan jumlah Kg nya. Kita akan memberikan catatan baik tertulis maupun secara update di komputer.

Dan kita bekerja sama melalui koperasi, dan bekerja sama pula dari lingkungan hidup. yang mana dari lingkungan hidup secara Intens selalu mengontrol kegiatan kegiatan kami yang pada umumnya kami lakukan ini sebagaimana demi kebersihan utuh dan demi kepentingan bersama-sama.

Jadi kita lakukan untuk pengambilan sampah itu kita tidak bisa mengambil sistem jemput, atau perorangan. Kita bisa datang/jemput apabila terkumpul, atas nama Ketua RT memanggil pihak kami, dan melakukan penimbangan,’yang saksikan oleh Ketua RT, artinya warga serentak sampah terkumpul, Itu kami bisa timbang di lokasi.

  Para nasabah pengumpulan sampah-sampah tersebut, itu kita mempunyai catatan secara transparan dan tercatat pula di pembukuan kami baik secara tertulis maupun dengan teknologi atau melalui file ataupun PDF itu tidak akan hilang serta terhapuskan karena secara otomatis bagi nasabah sampah anggrek, dan bekerja sama mengumpulkan sampah-sampah kepada kami.

Hal tersebut akan memperoleh dampak nilai-nilai uangnya dan disesuaikan dari hitungan jumlah quantity kilonya.

Saya berharap persoalan ini barangkali ada Para investor yang mau bekerja sama mengenai program bank sampah (Sampah Anggrek) yang kami kelola. Tetapi sampai saat ini belum ada satupun yang melirik masalah bank sampah ini. Tentunya kami tidak mementingkan Semata atau kepentingan pribadi.

hingga saat ini dengan jumlah nasabah Kisaran 200 sekian baik pula dari industri sekitaran Jalan Raya Bogor dan Mall Kalibata.

Kepada kami terkait mengenai Adipura, yang digagas oleh, lingkungan hidup” kami sangat apresiasikan, akan tetapi sebaiknya Kami tidak akan mengikuti lomba-lomba itu. Kami fokus saja dengan pekerjaan ini.

Akan tetapi kami butuh action sesuai hasil karya maupun kerja kami nyata tanpa ada unsur dibuat-buat. Ini semata dari pribadi kami.

Kami sedang melakukan mengolah pembuatan dari plastik. dibuatkannya baju anak kecil maupun dewasa untuk, barangkali persiapan ada acara momentum yang dapat mendongkrak nilai-nilai ekonomi kita inilah bagian apa yang kami sampaika,. Tutup Rini.

Antisipasi Kecurangan dan Kelangkaan BBM, Satreskdim Polres Boyolali Lakukan sidak di SPBU Kabupaten Boyolali.

Antisipasi Kecurangan dan Kelangkaan BBM, Satreskdim Polres Boyolali Lakukan sidak di SPBU Kabupaten Boyolali. Laporaran wartawan Gerbanginterview : Jiyono Gerbanginteriew - Tim Unit II Tipidter Satreskrim...

Anggota Dalmas Sat Samapta Polres Pekalongan Laksanakan Sterilisasi Gereja

Anggota Dalmas Sat Samapta Polres Pekalongan Laksanakan Sterilisasi Gereja Laporan Wartawan Gerbanginterview : Ali Rosidin. Kajen, Gerbanginterview – Guna mengantisipasi hal-hal yang dapat mengancam kondusifitas kamtibmas...

Cegah Petasan dan Perang Sarung, Kapolsek Muntilan Gelar Safari Kamtibmas

Cegah Petasan dan Perang Sarung, Kapolsek Muntilan Gelar Safari Kamtibmas MAGELANG,Gerbanginterview - Kegiatan Sholat Dhuhur Berjamaah dalam rangka Safari Kamtibmas dan Jumat Curhat oleh Kapolsek...

Direktur Guetilang Jadi Pembicara Program Sosialisasi BP2MI di Indramayu

Direktur Guetilang Jadi Pembicara Program Sosialisasi BP2MI di Indramayu Gerbanginterview - Sebagai langkah antisipasi dan pencegahan tindak pidana perdagangan orang, khususnya terhadap para Pekerja Migran...

Patroli Malam, Langkah Polisi Cegah Kriminalitas serta Gangguan Kamtibmas.

Patroli Malam, Langkah Polisi Cegah Kriminalitas serta Gangguan Kamtibmas. Laporan Wartawan Gerbanginterview : Ali Rodidin Kajen, Gerbanginterview - Upaya Kepolisian dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif selama...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Antisipasi Kecurangan dan Kelangkaan BBM, Satreskdim Polres Boyolali Lakukan sidak di SPBU Kabupaten Boyolali.

Antisipasi Kecurangan dan Kelangkaan BBM, Satreskdim Polres Boyolali Lakukan sidak di SPBU Kabupaten Boyolali. Laporaran wartawan Gerbanginterview : Jiyono Gerbanginteriew -...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This