Mikhail Gorbachev Mantan Pemimpin Uni Soviet Tutup Usia

Must Read
- Advertisement -
Rusia – Mikhail Gorbachev, mantan Pemimpin Uni Soviet yang mengakhiri perang dingin, meninggal dalam usia 91 tahun, (31/8/2022).

Kantor berita Rusia melaporkan kematian Mikhail Gorbachev pemimpin terakhir Uni Soviet di Rumah Sakit Klinik Pusat di Moskow.

Reaksi langsung: penghargaan dari para pemimpin dunia setelah Mikhail Gorbachev is death.

Mendiang Mikhail Gorbachev.

Mikhail Gorbachev, mantan Pemimpin Soviet yang reformasinya menyebabkan pecahnya negaranya sendiri, dan runtuhnya komunisme di Eropa tengah dan timur, telah meninggal di Moskow pada usia 91 tahun.

Dirayakan di luar negeri sebagai penyelamat yang memberikan kebebasan kepada jutaan warga Soviet, ia sering disalahkan di dalam negeri untuk tahun-tahun kacau berikutnya, dan bertahan cukup lama untuk menyaksikan Rusia kembali ke otokrasi di bawah pemerintahan Vladimir Putin.

Gorbachev , yang memenangkan hadiah Nobel perdamaian pada tahun 1990, telah meninggal setelah ‘sakit yang sulit dan berkepanjangan’, kantor berita Rusia mengutip pejabat rumah sakit mengatakan pada hari Selasa. Laporan terbaru menunjukkan dia menderita penyakit ginjal.

Gorbachev adalah Presiden pertama dan terakhir dari Uni Soviet. Ia menjadi sekretaris jenderal partai komunis pada tahun 1985, pada usia 53 tahun, sebuah jabatan yang dipegangnya sampai partai itu sendiri dibubarkan pada tahun 1991, dengan Uni Soviet menghilang segera setelah itu.

Keputusannya untuk tidak menggunakan kekuatan untuk mencegah runtuhnya Tembok Berlin, dia kemudian mengklaim, mungkin telah mencegah Perang Dunia Ketiga.

Presiden AS Joe Biden mengatakan dia adalah orang dengan ‘visi yang luar biasa’, dan bahwa dia dijunjung tinggi karena memimpin negaranya di jalan reformasi.

Ini adalah tindakan seorang pemimpin yang langka seseorang dengan imajinasi untuk melihat bahwa masa depan yang berbeda adalah mungkin dan keberanian mempertaruhkan seluruh karirnya untuk mencapainya, kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Hasilnya adalah dunia yang lebih aman dan kebebasan yang lebih besar bagi jutaan orang.

Antonio Guterres, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, menggambarkan Gorbachev sebagai Pemimpin yang menjulang tinggi, multilateralis yang berkomitmen, dan advokat yang tak kenal lelah untuk perdamaian.

Seorang juru bicara Putin, dengan siapa Gorbachev mengatakan bahwa dia memiliki hubungan yang tegang, mengatakan bahwa Pemimpin Kremlin menyatakan ‘belasungkawa yang mendalam’ atas kematiannya dan akan mengirim telegram ke keluarganya pada pagi ini.

Gorbachev akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow di sebelah istrinya, Raisa, kata laporan.

Gorbachev akan dikaitkan dengan upayanya untuk memodernisasi dan memperbaiki Uni Soviet, sebuah proses yang pada akhirnya ia kehilangan kendali, menyebabkan kehancuran negara. Dia mengatakan kepada Guardian pada tahun 2011.

Bahwa salah satu pencapaiannya yang paling membanggakan adalah, kebijakan perestroika restrukturisasi, yang dirancang untuk menghidupkan kembali ekonomi yang hampir mati dan membawa perubahan.

Dengan itu glasnost atau keterbukaan, sebuah konsep yang mencakup liberalisme dan pluralisme setelah beberapa dekade penyensoran dan kebohongan resmi.

Seperti halnya reformasi dalam negeri, Gorbachev mengantarkan era baru detente dengan barat, yang telah mencapai titik yang menentukan berakhir dengan invasi Vladimir Putin ke Ukraina dan kembalinya Rusia ke isolasi internasional.

Gorbachev hampir tidak mengomentari perang secara terbuka, di luar yayasannya membuat seruan awal, untuk penghentian awal permusuhan dan segera memulai negosiasi perdamaian.

Di masa lalu, dia telah berbicara untuk mendukung Putin keputusan untuk mencaplok Krimea pada tahun 2014, mengatakan dia akan melakukan hal yang sama jika dia berada di tempat pemimpin Rusia. Dia dilarang dari negara itu selama lima tahun karena ucapannya.

Tapi Alexei Venediktov, seorang teman dan mantan kepala stasiun radio Ekho Moskvy, baru-baru ini mengatakan bahwa secara pribadi Gorbachev ‘kesal’ oleh perang dan menyarankan bahwa, di bawah Putin, ‘pekerjaan hidupnya’ telah ‘dihancurkan’.

Keengganan Gorbachev untuk menggunakan solusi kekuatan yang nantinya akan memberinya Nobel perdamaian hadiah.

Dia membuang doktrin Brezhnev, di mana Moskow berhak untuk menghancurkan perbedaan pendapat di negara-negara klien Pakta Warsawa.

Dia juga menjalin hubungan dengan para pemimpin dunia, berteman dengan Margaret Thatcher, yang terkenal mengatakan tentang kaum muda Moskow, Perdana Menteri baru: Kita dapat melakukan bisnis bersama.

Gorbachev juga menyambut baik Ronald Reagan, yang dengannya dia setuju pada 1986 untuk mengurangi rudal nuklir jarak menengah di Eropa dan yang kemudian mendesak Gorbachev untuk meruntuhkan Tembok Berlin.

Pada tahun 1988, Gorbachev menarik pasukan dari bencana Soviet di Afghanistan. Dan di musim panas 1989, dia mengatakan bahwa negara-negara Komunis bebas menentukan urusan dalam negeri mereka sendiri.

Mereka melakukannya, dalam serangkaian revolusi yang sebagian besar damai yang melanda Polandia, Hongaria, Jerman timur, Cekoslowakia, dan yang lebih kejam. Rumania.

Di rumah, Gorbachev berjuang untuk mengendalikan klaim pemisahan diri oleh republik konstituen kekaisarannya: Negara Baltik, Azerbaijan, Armenia, Georgia. Ini adalah urusan yang lebih berdarah.

Pada 199091, cengkeraman partai komunis itu tergelincir. Posisi Gorbachev sendiri juga semakin goyah, karena kelompok garis keras berusaha menahan ledakan Uni Soviet yang baru lahir.

Pada Agustus 1991, sekelompok ultrakonservatif merebut kekuasaan dalam kudeta saat Gorbachev sedang berlibur di Krimea. Pemerintahan mereka berlangsung selama tiga hari.

Orang yang mengakhirinya adalah Boris Yeltsin, presiden Federasi Rusia yang baru terpilih. Gorbachev tetap menjabat sampai akhir tahun 1991, memimpin keruntuhan cepat Uni Soviet, sebagai republik berturut-turut termasuk Ukraina memilih kemerdekaan. Dia keluar dari panggung politik pada 27 Desember.

Masih jarang seorang pemimpin Kremlin mundur secara sukarela. Dalam sebuah wawancara dengan Guardian pada tahun 2011, ia masih tampak pahit atas kebangkitan saingannya:

Saya mungkin terlalu liberal dan demokratis dalam hal Yeltsin. Saya seharusnya mengirimnya sebagai duta besar untuk Inggris Raya atau mungkin bekas jajahan Inggris, katanya.

Namun keputusannya untuk mundur tetap merupakan tindakan tunggal dan dihormati di antara banyak kaum liberal Rusia hari ini.

Setelahnya mengunjungi Gorbachev di rumah sakit pada 30 Juni, ekonom liberal Ruslan Grinberg mengatakan kepada outlet berita angkatan bersenjata Zvezda: Dia memberi kita semua kebebasan â tetapi kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan itu.

Alexei Kudrin, seorang politisi liberal Rusia yang tetap berada di pemerintahan, mengatakan bahwa ide-ide Gorbachev telah âmemberikan nafas baru bagi negara dan seluruh dunia.

Keluar dari kantor, Gorbachev mendirikan sebuah badan amal, Green Cross International, yang berfokus pada nuklir beracun dan warisan lingkungan dari perang dingin.

Dia melakukan berbagai upaya untuk masuk kembali ke politik termasuk upaya comeback dalam pemilihan presiden 1996. Semua tidak berhasil.

Kelompok garis keras Soviet mungkin telah dikalahkan, tetapi pada tahun 2000 anak didik mereka mantan mata-mata KGB yang tidak tersenyum, Putin yang berada di Kremlin.

Hubungan Gorbachev dengan Putin beragam. Dia menyetujui kebijakan revisionis Putin dalam urusan luar negeri, termasuk perang Rusia 2008 di Georgia, dan pencaplokan semenanjung Ukraina Krimea pada 2014.

Pemusnahan masyarakat sipil secara sistematis. Dalam beberapa pidato terkenal dia menuduhnya mengubah partai Rusia Bersatu menjadi salinan buruk dari Partai Komunis, dan otoritarianisme terang-terangan.

Dia berpikir bahwa demokrasi menghalangi jalannya, Gorbachev berkata tentang Putin pada tahun 2010.

Untuk bagiannya, media Pemerintah Rusia telah menempatkan Gorbachev sebagai musuh. Ia dengan berbagai cara menggambarkannya sebagai antek CIA dan orang yang bertanggung jawab atas runtuhnya Uni Soviet.

Bencana politik terbesar abad ke-20, seperti yang dikatakan Putin. Sebagian besar, itu telah mengabaikannya.

Dalam tahun-tahun terakhirnya, ketika dia aktif berkampanye untuk amal, setelah kematian istrinya Raisa karena kanker, Gorbachev adalah sosok yang paradoks.

Di Luar Negeri, ia dipandang sebagai pahlawan perang dingin, yang tindakannya atau kekurangannya mengantarkan dunia yang lebih bebas.

Di Rusia, ia sebagian besar dicerca dan tidak dicintai, paling tidak bukan pribadi, paling sebagai musuh, atau penghianat.

Sumber: The Guardian/Gerbang Interview.
Editor: Redaksi

Renungan Rakyat Arus Bawah Terkait Pemilu Serentak 2024, Kami Memilih dengan Hati Nurani.

Renungan Rakyat Arus Bawah Terkait Pemilu Serentak 2024, Kami Memilih dengan Hati Nurani. Pada Hari Selasa 14 Februari 2024 seluruh bangsa Indonesia yang sudah memiliki...

Penerimaan Polri 2024: Masih Ada Waktu untuk Mendaftar!

Penerimaan Polri 2024: Masih Ada Waktu untuk Mendaftar! Boyolali,gebanginterview - Proses penerimaan anggota Polri tahun 2024 di Polres Boyolali telah dimulai sejak 25 Maret 2024...

Puluhan Balon Udara dan Ratusan Petasan Berhasil diamankan Polres Pekalongan Kota.

Puluhan Balon Udara dan Ratusan Petasan Berhasil diamankan Polres Pekalongan Kota. Pekalongan, gerbanginterview -Ratusan Petasan dan puluhan Balon Udara warga Kota Pekalongan pada saat lebaran...

Sejumlah Balon Udara Ukuran Besar, Diamankan Polres Pekalongan saat Syawalan 1445H

Sejumlah Balon Udara Ukuran Besar, Diamankan Polres Pekalongan saat Syawalan  1445H Kajen- gerbanginterview - Pasca perayaan Idul Fitri di momen Syawalan, patroli pengamanan antisipasi penerbangan...

Sekjen PERATIN Apresiasi RKFZ Koleksi Beragam Budaya Nusantara

Sekjen PERATIN Apresiasi RKFZ Koleksi Beragam Budaya Nusantara Jakarta, Gerbanginterview - Sekretaris Jenderal Perkumpulan Advokat Teknologi Informasi Indonesia dan juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi...
- Advertisement -spot_img
Latest News

Renungan Rakyat Arus Bawah Terkait Pemilu Serentak 2024, Kami Memilih dengan Hati Nurani.

Renungan Rakyat Arus Bawah Terkait Pemilu Serentak 2024, Kami Memilih dengan Hati Nurani. Pada Hari Selasa 14 Februari 2024 seluruh...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This