Senin, November 28

Polisi Israel mungkin telah meretas telepon

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Timur Tengah,04-02-20 (gerbang interview )Polisi Israel ‘mungkin telah meretas telepon’ saksi kunci dalam persidangan Netanyahu h
UN


Klaim muncul setelah TV para pejabat me effect gitungakui menemukan bukti yang menunjukkan penyalahgunaan spyware oleh penyelidik.

Seorang tokoh kunci dalam persidangan korupsi mantan perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu mungkin telah disadap secara ilegal oleh polisi, menurut laporan, di tengah kontroversi global tentang spyware buatan Israel dan bagaimana itu digunakan.

Dalam siaran rekaman oleh berita Channel 12, polisi terdengar diduga mendiskusikan penyadapan telepon milik Shlomo Filber, mantan sekutu Netanyahu yang menjadi saksi negara. Seolah-olah menginstal aplikasi itu ilegal,†kata seorang petugas polisi.

Klaim tersebut muncul beberapa hari setelah pejabat Israel mengakui bahwa bertentangan dengan penyangkalan sebelumnya mereka mungkin telah menemukan bukti yang menunjukkan penggunaan spyware yang tidak semestinya oleh penyelidiknya sendiri.

Tidak diketahui spyware apa yang diduga digunakan dalam kasus Netanyahu.

Netanyahu“ yang kehilangan kekuasaan pada bulan Juni setelah 12 tahun berturut-turut sebagai perdana menteri telah mengaku tidak bersalah atas tuduhan penyuapan, pelanggaran kepercayaan dan penipuan dalam tiga kasus yang didakwakan padanya pada 2019.

Seorang mantan kepala kementerian komunikasi, Filber dituduh menengahi antara Netanyahu dan pemegang saham pengendali Bezeq, sebuah kelompok telekomunikasi, dalam dugaan plot untuk bertukar bantuan peraturan untuk liputan positif Netanyahu di situs berita yang dimiliki oleh perusahaan.

Menurut Channel 13, data diambil dari telepon tanpa perintah pengadilan dan termasuk foto, nomor telepon, riwayat korespondensi, dan berbagai aplikasi.

Pernyataan yang dikeluarkan atas nama mantan perdana menteri disebut klaim Gerbang Air Israel . Netanyahu dalam cuitannya di Twitter: Gempa. Terungkap malam ini bahwa polisi secara ilegal meretas telepon untuk menjatuhkan seorang perdana menteri sayap kanan yang kuat

Israel telah lama percaya diri mereka kebal terhadap pengawasan negara, dan tuduhan bahwa mereka telah menjadi sasaran telah mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh negeri. .Pada hari Selasa, Jaksa Agung Israel, Avichai Mendelblit, mengumumkan penunjukan tim penyelidik untuk melihat potensi penyalahgunaan spyware oleh polisi.

Polisi menolak mengomentari rekaman yang muncul pada Rabu malam, tetapi seorang juru bicara mengatakan kepada Agence FrancePresse bahwa polisi Israel akan “bekerja sama sepenuhnya dan transparan” dengan tim investigasi yang ditunjuk oleh jaksa agung.

Bulan lalu, NSO Group – yang membuat perangkat lunak pengawasan kontroversial yang dapat menyalakan kamera atau mikrofon ponsel dan mengambil datanya – tidak akan mengkonfirmasi atau menyangkal menjual teknologi kepada polisi Israel, dengan menekankan bahwa itu tidak mengoperasikan sistem setelah dijual ke pelanggan pemerintah dan tidak terlibat dengan cara apa pun dalam pengoperasian sistem.

Filber mentweet dengan bercanda pada hari Rabu: œIstri saya menjawab:˜Akhirnya seseorang sedang mendengarkan ocehan Anda.

Media Israel melaporkan bulan lalu bahwa Netanyahu sedang merundingkan kesepakatan pembelaan dengan jaksa agung yang akan mencakup pengakuan ‘kebobrokan moral’, sebuah pelanggaran yang membawa larangan tujuh tahun dari politik. Netanyahu telah membantahnya.

Agence France Presse berkontribusi pada laporan ini.

Share.

About Author

Leave A Reply

id_IDIndonesian